Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Kali ini, saya ingin membahas bagaimana cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi. Mari kita simak informasi berikut ini, semoga bermanfaat.

1. Bersihkan Keyboard Laptop dari Debu

Debu yang menumpuk di bawah atau sekitar tombol keyboard bisa menghambat kerja tombol. Jika ada beberapa tombol keyboard yang tidak bisa digunakan, sementara yang lain bisa coba bersihkan dulu keyboard kamu dari debu. Kamu bisa menggunakan penyemprot debu atau vacum cleaner kecil untuk menghisap debu yang terjebak di sela-sela tombol.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan selotip untuk menjangkau debu dengan mudah. 


2. Coba Restart Laptop

Jika tiba-tiba keyboard kamu tidak bisa digunakan, mungkin saja ada kerusakan pada software, driver, atau sistem operasi laptop kamu. Coba Restart atau matikan laptop untuk sementara, mungkin 10 hingga 15 menit. Setelah itu nyalakan kembali dan lihat apakah permasalah keyboard kamu sudah teratasi.


3. Keyboard Masih Tidak Berfungsi? Coba Restore Windows

Sistem operasi bisa jadi salah satu biang keladi kenapa keyboard kamu tidak bisa digunakan. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa me-restore sistem operasi Windows. Caranya klik Start Menu > Control Panel. Di bawah System and Security pilih “Back up your computer.” Setelah itu pilih “Recover system settings or your computer.” Kemudian pilih Open System Restore dan ikuti fitur Wizard yang secara otomatis akan melalukan restore pada laptop kamu.


4. Coba Perbaiki Driver Keyboard Laptop

Pastikan driver keyboard telah terinstal dan berfungsi dengan baik. Cara untuk memastikan driver keyboard bekerja dengan baik adalah:

  • Klik Start > Control Panel > Hardware and Sound > Device Manager
  • Pilih Keyboard dan lihat apakah ada tanda seru atau segitiga kuning di dalamnya
  • Jika iya, maka penyebab masalahnya adalah driver
  • Klik kanan pada driver yang bermasalah lalu Update Driver Software > Search Automatically
  • Windows akan mencarikan driver yang cocok untuk keyboard laptop kamu. Selain itu, kamu juga bisa mencari dan memasang drivernya secara manual.

5. Pastikan Kamu Tidak Mengunci Ease of Access Center

Keyboard tidak berfungsi bisa juga karena kendala Ease of Access Center. Begini cara memperbaikinya:

  • Klik Start Menu > Control Panel > Ease of Access
  • Pada Ease of Access Center klik “Change How Your Keyboard Works
  • Pastikan kamu uncheck semua pilihan yang ada, termasuk yang ada di “Set Up Filter Key.”

6. Gunakan Keyboard Alternatif

Setelah kamu melakukan semua langkah di atas dan keyboard tidak kunjung sembuh juga. Kamu bisa menggunakan keyboard alternatif untuk menggantikan fungsi keyboard pada laptopmu. Cukup colokan keyboard eksternal ke port USB ke laptop kamu dan tunggu proses konfigurasi selesai. Atau bisa juga memakai keyboard wireless.

Kamu juga bisa menggunakan keyboard virtual untuk mengganti keyboard fisik secara sementara. Cara untuk mengaktifkan keyboard virtual di Windows adalah klik Start > All Programs > Accessories > Ease of Access > On Screen Keyboard.


7. Perbaiki di Service Center Resmi

Kamu bisa perbaiki Keyboard laptop kamu di Service Center resmi merk laptop yang kamu miliki. Biasanya untuk servis Keyboard akan langsung dikenakan biaya ganti Keyboard secara keseluruhan. Ini karena jika salah satu tombol keyboard laptop rusak maka seluruh komponen keyboard harus diganti total. Besaran biaya ganti keyboard tergantung merk dan tipe laptop yang kamu miliki.

Sangat penting sekali untuk menjaga keyboard pada laptopmu. 

Semoga tips mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi ini bermanfaat.



Hai buat kamu yang ingin membuat website tapi bingung cara buatnya? saya ada solusinya nih, kunjungi merlinbox.com untuk informasi lebih lanjut atau klik disini

Post a Comment for "7 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi"