Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Teknologi Terbaru Yang Akan Datang di Tahun 2021



1. 5G

Beberapa tahun terakhir ini kita sudah sering mendengar tentang manfaat 5G, diantaranya adalah tersedianya konektivitas dan bandwith internet yang handal. Manusia semakin tergantung dengan ponsel dan perangkat pintar lainnya, kondisi inilah yang bisa dimengerti oleh para provider telekomunikasi. Saat ini, bisnis harus terus terhubung, dan penerapan 5G menjadi solusi penting dalam hal ini. Berdasarkan kondisi ini, maka nilai 5G akan semakin mainstream di tahun 2021.

Meskipun awal kemunculan pandemi mengganggu pembangunan jaringan 5G, upaya ini tetap dilanjutkan. China, misalnya, mereka sudah mencapai target pemenuhan penyebaran 5G untuk tahun 2020. Sementara itu, banyak produsen ponsel pintar seperti Samsung, Apple, dan Xiaomi akan segera merilis ponsel 5G dengan berbagai pilihan harga sehingga membuat 5G semakin terjangkau dan semakin diminati tahun depan.

2. Jaringan APN

Jaringan ini memungkinkan terjadinya transmisi informasi end-to-end antara terminal dan server, serta mampu mentransfer volume lalu-lintas data yang besar sambil menjaga kualitas tetap tinggi dan latensi rendah. Jaringan APN akan memungkinkan kita agar dapat mengoperasikan lingkungan komunikasi yang lebih ramah lingkungan.

Penggunaannya sangat hemat daya sehingga berpotensi menyediakan layanan komunikasi informasi yang hanya menggunakan 1 per 100 konsumsi daya yang dibutuhkan oleh jaringan saat ini. Kapasitas transmisi bahkan dapat ditingkatkan hingga anda dapat mengunduh 10.000 film berdurasi 2 jam, dalam sepersekian detik.

3. Cognitive Foundation (CF)

teknologi ini berkaitan dengan kecerdasan komputer.

Teknologi ini berfokus pada manajemen terpusat dan alokasi sumber TIK cerdas yang akan menyediakan kemampuan untuk mengintegrasikan beberapa antarmuka seperti suara, video atau lainnya yang mendukung inisiatif Internet of Things (IoT).

Dengan menghubungkan sumber daya TIK secara virtual dan mengintegrasikannya dengan sistem dan jaringan yang beragam, CF menciptakan platform pemrosesan informasi yang mampu menganalisis dan memperkirakan, yang tidak dibatasi oleh format sistem atau data.

4. AI

Pandemi corona memicu percepatan Artificial Intelligence (AI). Data, AI, dan machine learning adalah tools yang digunakan banyak perusahaan pada tahun ini dan dipastikan akan terus berlanjut di tahun depan, khususnya untuk menyelesaikan masalah dalam skala yang lebih besar. Banyak yang mengatakan AI sebagai tren masa depan, bukan tanpa sebab pasalnya daya komputasi yang semakin terjangkau serta software dan framework yang semakin berkembang mendorong banyak perusahaan untuk memanfaatkan AI.

5. Hybrid Cloud

    Hybrid Cloud adalah campuran dari public cloud dengan private cloud. Aktivitas yang rahasia tidak akan dilakukan dengan public cloud sedangkan kegiatan rahasia yang dilakukan oleh perusahaan akan diubah menjadi private cloud.  Hybrid cloud ini akan mengelola private cloud dan juga public cloud secara bersama menggunakan tool pada lingkungan cloud yang berbeda.

Apakah sobat tertarik dengan ke lima teknologi yang akan datang tersebut?

Kunjungi terus Noers Tech Untuk mendapatkan info seputar teknologi terbaru.


Hai buat sobat yang ingin membuat website tapi bingung cara buatnya? saya ada solusinya nih, kunjungi merlinbox.com untuk informasi lebih lanjut atau klik disini


Post a Comment for "5 Teknologi Terbaru Yang Akan Datang di Tahun 2021"