Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencegah Serangan Hacker Pada Website




Hai sobat, kali ini saya akan membahas Cara Mencegah Serangan Hacker Pada Website. Simak yu!

Install Plugin Keamanan

Website baru tanpa plugin keamanan itu sama saja dengan rumah tanpa tembok; siapapun bisa masuk dan melakukan hal sesuka hati mereka. Jadi, plugin keamanan ini adalah langkah pertama yang wajib bagi website baru. Berikut beberapa rekomendasi plugin keamanan website yang bisa Anda coba:

iThemes Security—tersedia versi gratis dan berbayar. iThemes Security mampu mendeteksi plugin berbahaya, software yang usang, dan password yang lemah.
Wordfence Security—sudah digunakan oleh lebih dari dua juta pengguna. Wordfence Security menawarkan firewall, real-time monitoring, scan plugin, dan masih banyak lainnya.
SecuPress Free—walaupun gratis, tapi berkualitas tinggi. SecuPress mempunyai fitur seperti Anti Brute Force Login, blokir IP, malware scan, dan lain segudang fitur lainnya.

Gunakan Password yang Sulit Ditebak

password yang mudah ditebak merupakan salah satu cara memudahkan si peretas. maka dalam membuat password tentunya harus yang kuat agar tidak mudah ditebak dan dijebol, password yang kuat menurut sebagian besar pakar keamanan adalah password yang jumlah karakternya tidak kurang dari 8 karakter, selain itu harus menggunakan gabungan huruf besar, huruf kecil, angka dan simbol. Password yang sulit ditebak ini harus ada di semua user yang ada pada website tersebut.


Lindungi DNS Server Anda

Jangan lupa bahwa faktor jahat mungkin dapat membuat Web Server Anda offline dengan melakukan DDoS kepada server DNS Anda. Untuk alasan itu, penting bahwa server DNS Anda memiliki redundansi, dan menempatkannya di Data Center yang berbeda di belakang load balancers juga merupakan ide bagus. 

Solusi yang lebih baik mungkin adalah pindah ke penyedia DNS berbasis cloud yang dapat menawarkan bandwidth tinggi dan beberapa titik kehadiran di Data Center di seluruh dunia. Layanan ini dirancang dan dibuat khusus dengan mempertimbangkan pencegahan DDoS.


Berhati-hatilah memilih hosting, pilih yang terpercaya

Web hosting bisa menjadi penyebab website terkena hack, sekitar 45% penyebab sebuah website terkena hack adalah karena faktor hosting, apalagi jika anda menggunakan shared hosting, walaupun script website yang dibuat sudah sangat baik dan merasa aman, namun penyebab website jebol bisa jadi karena lemahnya keamanan website orang lain yang juga dihosting pada tempat yang sama dengan website kamu, itulah salah satu kekurangan menggunakan shared hosting.

jadi pastikan kamu memilih web hosting yang bagus untuk website kamu, cari referensi, baca testimoni orang lain tentang web hosting tersebut.



Cek Keamanan Website Kamu

Kamu bisa mengecek apa saja celah keamanan website kamu menggunakan berbagai plugin yang tersedia di repository wordpress. Selain beberapa plugin yang sudah kami sebutkan diatas tadi, berikut ini ada juga beberapa plugin untuk keamanan wordpress kamu.
  • Wordfence Security (rekomendasi)
  • Sucuri Security
  • Login LockDown
  • BulletProof Security
  • Acunetix WP SecurityScan
  • 6Scan Security
  • All In One WP Security & Firewall
  • iThemes Security

Post a Comment for "Cara Mencegah Serangan Hacker Pada Website"