Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Brainware Dalam Sistem Komputer

                                 


Hai sobat, kali ini saya akan membahas tentang pentingnya brainware dala sistem komputer.

Oke. mari kita bahas

Mengapa Brainware Penting?

    brainware adalah orang yang menggunakan, memakai ataupun mengoprasikan perangkat komputer. Seperti contoh dari brainware yaitu programmer, netter (sebutan untuk orang yang sedang melakukan surfing di internet), serta orang yang sedang menggunakan perangkat komputer. Tanpa adanya brainware ini mustahil hardware dan software yang canggih sekalipun dapat dimanfaatkan secara maksimal.


    Atau definisi brainware yaitu manusia yang terlibat dalam mengoperasikan atau pemakaian serta mengatur sistem di dalam perangkat komputer. Dapat diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan juga mengeksplorasi kemampuan dari perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software).

Contoh Perangkat Pemrosesan

1.     Memory
Memory adalah penampung atau penyimpan data pada proses aplikasi program yang dimasukkan ke komputer. Besarnya kapsitas memori dinyatakan dalam satuan Byte, KByte, Mbyte, Gbyte. Memori internal : ROM & RAM.
2.      ROM (read only memory)
Merupakan memori yang bersifat permanen, yang dapat dibaca tapi tidak dapat diperbaharui. ROM berfungsi untuk menyimpan program operasi komputer : BIOS & booting
3.      RAM
Merupakan memori yang bersifat sementara, jika komputer mati maka data atau program yang telah tersimpan akan hilang.

Cara Kerja Komputer Dengan Cara Kerja Manusia Sama atau Tidak ?

Secara umum, alur cara kerja sistem biologis manusia dan sistem komputer sama persis, yaitu memasukkan data (Input), analisis dan pelaksanaan (Processing) dan hasil (Output). Panca idera adalah alat-alat yang berfungsi untuk menginput data, sistem syaraf pusat (otak) adalah alat untuk memprosesnya, dan organ-organ tubuh seperti tangan dan kaki adalah alat-alat untuk outputnya. Ketika kita sedang akan melakukan sesuatu misalnya mengetik (Input), otak akan merespon keinginan itu (Processing), mengaktifkan “cara mengetik” yang telah tertanam di dalam otak yang sebelumnya diperoleh dari proses belajar dan latihan, kemudian mengirimkan perintah kepada jari-jari untuk bergerak sesuai dengan keinginan kita (Output) melalui alur-alur syaraf. Demikian juga halnya dengan komputer. Chip CPU, Modul Memori RAM (Random Access Memory), chip North Bridge, chipSouth Bridge, Bus dan  Harddisk merupakan bagian-bagian dari otak komputer yang berfungsi untuk menganalisis dan melaksanakan perintah kita dalam bentuk bahasa pemograman yang dimengerti oleh komputer, melalui alat-alat input seperti keyboard dan mouse. Sedangkan layar (display), speaker, printer dll. adalah alat-alat untuk mewujudkan perintah kita. Misalnya saat kita ngeklik atau “menyentuh” file video berjenis mp3 (Input), otak komputer menerima perintah tersebut dan mengaktifkan aplikasi pemutar mp3 (Processing), seperti Winamp yang sebelumnya telah diinstal di dalam harddisk, dan kemudian mengaktifkan speaker (Output).

Apa yang dibutuhkan ketika ingin memulai browsing atau internetan?

Untuk  Menghubungkan computer ke Internet, diperlukan beberapa perangkat tambahan.  Tiap-tiap jenis koneksi  internet memerlukan perangkat yang berbeda dari segi macam dan jumlahnya. Berikut perangkat internet menurut jenis koneksi yang digunakannya:

A.  Menggunakan Koneksi Dial Up  dan ADSL

Hubungan yang paling sederhana sebuah komputer ke jaringan Internet adalah dengan memanfaatkan jalur telepon yang terdapat di kantor atau di rumah. Jenis hubungan ini sering disebut dial up connection. Perangkat keras yang diperlukan untuk menghubungkan komputer dan Internet dengan hubungan dial up adalah sebagai berikut.

1. Modem (Modulator Demodulator)
Modem adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk mengubah data analog menjadi data digital pada saat komputer mengambil data, atau mengubah data digital menjadi data analog pada saat komputer mengirimkan data. Terdapat dua jenis modem menurut penempatannya, yaitu modem eksternal dan model internal. Modem eksternal adalah modem yang ditempatkan di luar komputer dan dapat dipindah-pindah dari satu komputer ke komputer lain. Sedangkan, modem internal adalah modem yang sudah terpasang di dalam komputer (terpasang langsung ke motherboard komputer). Keuntungan menggunakan modem internal adalah harga relative murah. Adapun kekurangannya, adalah tidak fleksibel dalam penggunaannya karena harus bongkar pasang kartu modem. Sementara itu, modem eksternal adalah perangkat modem yang terpisah dengan sistem unit CPU dan dihubungkan dengan komputer lewat kabel atau frekuensi. Penggunaan modem eksternal ini memiliki keuntungan yaitu dapat dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain dengan mudah. Selain itu lebih aman dari gangguan petir. Adapun kerugiannya yaitu harganya relatif lebih mahal.

2. Splitter
Splitter adalah alat untuk memisahkan sesuatu, dalam hal ini adalah memisahkan frekuensi rendah dan frekuensi tinggi. Frekuensi rendah disini yaitu voice. sedangkan frekuensi tinggi nya yaitu Data. Nah, dengan adanya Splitter, pengguna Teknologi ADSL bisa bertelephone ria sambil berinternetan ria juga. Tanpa harus memutuskan saluran Telepone untuk berinternetan. 

B. Melalui GPRS – 3G dan HSDPA
Akses internet melalui Tiga jenis jaringan ini menggunakan gelombang radio sebagai penghubung komputer dengan jaringan internet. Akses internet melalui ketiga jenis Jaringan ini membutuhkan telepon selular yang sudah ada Modem GPRS Built-In didalamnya dan sim card yang dilengkapi fasilitas GPRS, 3G atau HSDPA. Selain itu kita harus menyediakan kabel data, sinar infrared, atau bluetooth untuk menghubungkan handphone dengan komputer, atau yang paling praktis menggunakan Modem USB atau Moden PCMCIA Card (GSM atau CDMA, sesuai dengan jaringan yang tersedia). 

C. Melalui Jaringan WiFi (Wireless Fidelity)
            WiFi adalah jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi untuk mengirimkan data. Gelombang yang umum digunakan di Indonesia berada pada frekuensi 2,4 GHz, dan 5,6 GHz. Hubungan akses internet melalui jaringan WiFi sebaiknya hanya digunakann jika memang penggunaan jalur dengan kabel tidak dimungkinkan. Perangkat tambahan yang diperlukan untuk mengkoneksikan PC ke internet melalui jaringan WiFi  adalah  Card WiFi atau Wireless Lan Card (card WLan). 

            D. Melalui Jaringan LAN
Agar dapat terhubung dengan komputer server di LAN, maka komputer kita harus dilengkapi dengan perangkat tambahan, yaitu:
1. LAN Card
Lan Card berfungsi untuk menerima data yang yang ditransfer melalui Kabel UTP dan Connector RJ-45 yang selanjutnya akan diproses dan diteruskan ke CPU komputer.

E. Menggunakan Jaringan Satelit V-SAT
    Supaya Komputer bisa akses Internet melalui Jaringan Satelit, maka dibutuhkan perangkat-perangkat sebagai berikut:
            1. Antena Satelit
            Antena berfungsi untuk memancarkan dan menerima gelombang radio RF. Antena yang dipakai dalam komunikasi VSAT adalah sebuah solid dish antenna yang memiliki bentuk parabola.

           2. Modem Satelit
             Modem berfungsi untuk memodulasikan sinyal informasi digital ke sinyal pembawa analog dan juga sebalikya memisahkan sinyal informasi digital dari sinyal pembawa analog.
3. Kabel UTP dan Connector RJ-45
4. Lan Card

F. Melalui Jaringan TV Kabel
    
Mengakses internet melalui TV kabel membutuhkan perangkat tambahan sebagai berikut:
1.      Modem kabel
2.      Kabel UTP
3.      Connector RJ-45
4.      Splitter TV Kabel (biasanya sudah disediakan oleh Penyedia jasa TV kabel)

Oke sekian infonya. Semoga bermanfaat. Apabila sobat memiliki pertanyaan, silahkan ketik di kolom komentar ya..
Kunjungi terus Noers Tech Untuk mendapatkan info seputar teknologi terbaru dan terupdate!


Hai buat sobat yang ingin membuat website tapi bingung cara buatnya? saya ada solusinya nih, kunjungi merlinbox.com untuk informasi lebih lanjut atau klik disini


Post a Comment for "Apa Itu Brainware Dalam Sistem Komputer"