Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Menggunakan FN (Function Key) di Laptop 2021

 Halo...kali ini saya akan memberi tahu cara mengaktifkan ombol FN di laptop terutama laptop asus.  tombol tersebut cukup berfungsi karena banyak sekali perintah-perintah cepat yang dapat dilakukan menggunakan tombol fn.  Contohnya mengaktifkan dan me non-aktifkan WiFi, mengatur volume, mengatur cahaya pada monitor dll.

AKTIFKAN FN LOCK

Fungsi Fn Lock pada prinsipnya sama dengan tombol Caps Lock. Dengan mengaktifkan Fn Lock, fungsi standar F1-F12 bisa digunakan tanpa menekan tombol Fn, sama seperti saat Anda menekan tombol Caps Lock, di mana bisa mengaktifkan fungsi huruf kapital tanpa harus terlebih dahulu menekan tombol Shift.

Tombol Fn Lock tergantung jenis keyboard, ada keyboard yang memiliki tombol Fn Lock tersendiri. Jika tombol khusus Fn Lock tidak ada, Anda harus menggunakan tombol Fn baru kemudian menekan Fn Lock untuk mengaktifkannya. Contoh untuk gambar keyboard di di bawah ini, Fn Lock ada di tombol Esc.

Untuk mengaktifkan Fn Lock tersebut, Anda harus menekan tombol Fn terlebih dahulu, tahan, kemudian baru tekan tombol Esc. Untuk kembali mematikan Fn Lock, tahan kembali tombol Fn kemudian tekan tombol Esc lagi.





Beberapa jenis keyboard mungkin memiliki kombinasi tombol Fn Lock yang berbeda. Sebagai contoh, di keyboard Microsoft Surface, Anda bisa mengaktifkan Fn Lock dengan menahan tombol Fn kemudian menekan tombol Caps Lock.

 

UBAH PILIHAN DI MENU SETTING BIOS ATAU UEFI

Laptop dengan keyboard built-in biasanya menyediakan menu pilihan untuk tombol fungsi di setting BIOS atau UEFI. Reboot laptop, kemudian tekan tombol untuk masuk ke menu BIOS atau UEFI (biasa F2, Delete atau F10, tergantung jenis laptop). 

Cari menu pilihan untuk mengubah default tombol fungsi tersebut. Sebagai contoh di laptop Dell, menu pilihan tersebut ada di tab menu Advanced – Function Key Behavior, pilih default tombol fungsi apakah sebagai Multimedia atau fungsi F1-12 standar.


 

UBAH PILIHAN DI CONTROL PANEL

Anda juga bisa mengubah default tombol fungsi melalui beberapa pilihan di Windows. Jika Anda menggunakan Windows melalui Boot Camp di Mac, Anda bisa membuka menu konfigurasi Boot Camp, kemudian centang pilihan “Use all F1, F2, etc. keys as standard function keys” di tab menu Keyboard.


Di laptop atau komputer Mac OS X, pilihan menu tersebut bisa ditemukan di System Preferences. Klik menu Apple, kemudian pilih “System Preferences”, lalu klik ikon “Keyboard”, selanjutnya centang pilihan “Use all F1, F2, etc. keys as standard function keys”.

 

 

Di laptop Dell, menu pilihan tersebut bisa ditemukan di Windows Mobility Center. Beberapa jenis laptop juga memiliki menu pilihan yang sama. Bagi pengguna Windows 8, 8.1, atau 10, klik kanan tombol Start di pojok kiri layar, pilih “Mobility Center”. Bagi pengguna Windows 7, tekan tombol Windows + X. Anda press Windows Key + X. Kemudian pilih menu “Function Key Row”, pilih default tombol fungsi yang dinginkan.


Secara umum, Anda bisa mengubah default tombol fungsi langsung melalui tombol di keyboard. Jika di keyboard tidak tersedia pilihan Fn Lock, masuk ke setting BIOS atau UEFI, cari pilihan yang sesuai. Dan jika masih tidak ditemukan pilihan tersebut, masuk ke menu konfigurasi keyboard sesuai dengan OS yang Anda gunakan.


Hei buat kalian yang ingin membuat website tapi bingung cara buatnya? tenang..saya punya solusinya. Kunjungi www.merlinbox.com untuk info lebih lanjut atau klik disini

Post a Comment for "Cara Mudah Menggunakan FN (Function Key) di Laptop 2021"