Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Transfer file dari Android ke Macbook Mudah !!

 





Memindahkan file dari Smartphone Android ke Macbook tidak semudah pemindahan file dari Smartphone Android ke Laptop yang bersistem operasi Windows. Hal ini dikarenakan Macbook yang bersistem operasi Mac OS buatan Apple ini tidak akan secara otomatis mendeteksi keberadaan Android meskipun telah kita hubungkan dengan kabel USB. Oleh karena itu, kita memerlukan sebuah aplikasi khusus yang bisa menghubungkan kedua perangkat tersebut. Aplikasi khusus yang akan kita install di Macbook kita sehingga Macbook mengenali perangkat Android yang bisa terhubung dengan mac.

Aplikasi khusus yang saya maksud disini adalah Android File Transfer buatan Google. Aplikasi Android File Transfer atau AFT ini hanya mendukung di sistem operasi Mac OS X 10.7 ke atas. Dengan Android File Transfer ini, kita dapat melakukan transfer file dari Android ke Macbook ataupun dari Macbook ke Android layaknya di komputer yang bersistem operasi Windows.

Cara Transfer file dari Android ke Macbook





Seperti yang dikatakan sebelumnya, kita memerlukan sebuah file yang bernama Android File Transfer untuk menjadi penghubung diantara sistem operasi Android dan sistem operasi Mac OS. Maka langkah pertama kita adalah mengunduh atau download aplikasi Android File Transfer tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengunduh aplikasi Android File Transfer hingga dapat melakukan pemindahan atau transfer file dari Android ke Macbook.

Baca Juga :  Perbedaan UI (User Interface) dan UX (User Experience)

  1. Sambungkan Smartphone Android anda dengan Macbook.
  2. Buka situs android.com dengan browser internet favorit anda (saya menggunakan browser bawaan Macbook yaitu SAFARI) untuk mengunduh aplikasi Android File Transfer. Anda juga dapat klik Link ini : https://www.android.com/filetransfer/
  3. Klik [DOWNLOAD NOW] untuk memulai download aplikasi Android File Transfer.
  4. Setelah selesai download, klik file yang telah didownload tersebut untuk memulai instalasi.
  5. Tarik logo Android File Transfer ke Folder Applications.

  6. Klik [Get started].
  7. Cari file yang diinginkan di dalam Macbook anda.
  8. Setelah menemukan file yang diinginkan, seret file tersebut ke desktop atau folder pilihan anda.

  9. Buka file yang telah dipindahkan tersebut (hanya dapat dibuka di Macbook).

 

Keterangan :

  • Proses Instalasi Android File Transfer hanya perlu dilakukan pada pertama kali saja (langkah 1 hingga langkah 6 diatas).
  • Setiap smartphone memiliki cara yang berbeda untuk menghubungkannya dengan Macbook, mungkin harus ada sedikit setting di smartphone untuk dapat dikenali oleh Macbook anda. Misalnya di Samsung Galaxy Note 8 yang saya gunakan ini, kita harus menyetujui akses data di ponsel anda dengan meng-klik [Allow] pada saat kita menghubungkan smartphone android kita dengan Macbook.

Apakah anda ingin memiliki website atau aplikasi android untuk kebutuhan bisnis anda??
kami punya solusinya.... Anda tidak perlu khawatir anda bisa cek merlinbox.com atau klik disini

Post a Comment for "Cara Transfer file dari Android ke Macbook Mudah !!"