Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan UI User Interface dan UX User Experience

 



UI dan UX Sangat Berkaitan erat, namun diataranya pun ada perbedaan nya.

Pada dasarnya, user interface (UI) adalah halaman dengan objek-objek didalamnya seperti tombol dan logo, yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan website atau aplikasi tersebut.

Di sisi lain, user experience (UX) adalah, “pengalaman” atau “rasa” yang muncul ketika pengguna berinteraksi dengan semua aspek didalam web/app tadi.

Tidak jarang orang awam menggunakan istilah UI dan UX secara sembarangan. Ini tentu saja karena mereka berdua saling berikatan, namun yang perlu anda pahami adalah, UI yang bagus (tombol yang indah) belum tentu menghasilkan UX bagus (misalnya tombol sulit ditemukan).

Di artikel ini Update akan menggali secara dalam tentang UI dan UX.


APA ITU UI ?



User Interface adalah semua yang bisa menghasilkan interaksi dengan pengguna. Semua disini mencakup layar, touchscreen, keboard, suara, tombol, bahkan cahaya.

Untuk memahami lebih dalam perkembangan UI, sebaiknya pahami dulu sejarahnya serta bagaimana proses UI berkembang menjadi profesi seperti sekarang. Baca artikel lain mengenai.

APA ITU UX ?



User Experience atau UX adalah pengembangan lanjutan dari UI. Ketika sudah ada objek untuk berinteraksi (misal tombol), bagaimana pengalaman penggunanya? Apakah senang? Lancar? Lemot? Bingung? Semua pertanyaan ini ada di kepala UX Designer setiap harinya.

Don Norman adalah orang pertama yang mencetuskan istilah user experience di tahun 90-an silam, ketika ia bekerja di Apple. 


Sekarang kita lihat perbedaan UI dan UX

disini terdapat beberapa perbedaan dari segi tujuan desain, proses desain, kommponen desain, tools yang digunakan, dan skil yang dibutuhkan.

1. Tujuan Desain

Hal yang mendasar tentang perbedaan UI dan UX adalah tujuan desainnya. Fokus pembuatan desain UI dan UX sangatlah berbeda. Desain UI pada sebuah produk bertujuan untuk mempercantik tampilan produk. Sementara desain UX dirancang untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan saat menggunakan produk. 

Sederhananya, desain UI akan mempengaruhi kesan pertama pengguna melihat produk Anda. Sementara itu, UX mempengaruhi bagaimana pengalaman pengguna saat menggunakan produk.  

2. Proses Desain

Tujuan desain yang berbeda juga mempengaruhi prosesnya. Oleh sebab itu, proses merancang UI dan UX pun berbeda. 

Karena berfokus pada user experience, proses desain UX berlandaskan riset pengguna sehingga menghasilkan produk yang disukai dan dibutuhkan oleh target pengguna. Prosesnya pun melalui banyak tahap dan membutuhkan peran banyak pihak, salah satunya yaitu UX researcher. Setelah melakukan riset, desainer merancang sketsa desain dengan wireframe dan prototype.

3. Komponen Desain

Komponen yang membangun Desain UI berfokus pada setiapkeindahan tampilan produksi. komponen UI tersebut di antaranya meliputi warna, gambar dan video animasi, typography, buttons, dan visual interaksi lainnya. 

4. Tools yang Digunakan 

Proses pembuatan yang berbeda tentu membutuhkan tools yang berbeda. Untuk desainer UI, keindahan gambar sangatlah penting. Jadi mereka membutuhkan aplikasi yang mendukung pembuatan desain interface yang detail. 

Ada banyak aplikasi desain UI yang tersedia seperti Principle, Frames X, Adobe illustrator, dll. Aplikasi tersebut dilengkapi dengan beberapa tools pendukung desainer UI seperti tools menambahkan unique interaction icon, easy transitions, UI assets and kits, dll. 

5. Skill yang Dibutuhkan 

Menjadi desainer UI dan desainer UX membutuhkan skill tersendiri. Beberapa skill yang dibutuhkan seorang desainer UI adalah desain grafis, design branding, creative thinking, dan convergent thinking. Skill tersebut harus dimiliki oleh desainer UI dalam mendesain tampilan produk agar terlihat menarik dan mudah untuk interaksi.

Sementara seorang desainer UX bertanggung jawab membuat desain produk dengan pendekatan pengguna agar mudah digunakan. Oleh sebab itu, mereka harus memiliki skill melakukan riset, analytical thinking, problem solving, critical thinking, dan creative thinking

Sekian Infonya, dan buat kalian yang ingin membuat Website Ataupun Aplikasi Android, kalian juga bisa buat di merlinbox.com atau klik link ini.


Post a Comment for "Perbedaan UI User Interface dan UX User Experience"