Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Untuk Membuat Klien Anda Puas Jika Anda Seorang Freelancer

Salah satu pertanyaan besar ketika Anda bekerja sebagai Freelance adalah bagaimana membuat klien Anda puas dengan kinerja anda. Bagian ini sangat penting untuk menawarkan layanan yang berharga, yang tidak hanya terbatas pada memberikan pekerjaan yang diminta, tetapi juga untuk meningkatkan produk dalam semua aspek.

Kadang-kadang Freelance harus mengelola untuk mendapatkan klien yang benar-benar menyenangkan, namun, sebagai seorang Freelance, ada baiknya memberikan ruang untuk bekerja dalam menghasilkan kepuasan dan loyalitas yang lebih baik dengan klien Anda.

Jika Klien merasa benar-benar puas dengan kinerja anda, mereka tidak akan ragu untuk menyewa layanan Anda lagi, jadi jika Anda berusaha untuk memuaskan klien Anda, Anda secara bersamaan bekerja untuk berkembang secara profesional.

Berikut ini 8 tips untuk membuat klien Anda puas jika Anda seorang freelancer

Pasar layanan freelance semakin kompetitif, itulah mengapa sangat penting untuk membedakan pekerjaan yang Anda tawarkan pada tingkat profesional dan menyenangkan klien Anda selangkah lebih maju.

Berikan nilai tambah dengan layanan freelance Anda

Selain menawarkan pekerjaan dalam waktu yang ditentukan, salah satu cara untuk menunjukkan bahwa Anda bersedia memuaskan klien Anda dan membangun loyalitas lebih dari siapa pun adalah dengan menawarkan nilai tambah pada layanan Anda.

Misalnya, Anda dapat menawarkan sampel kecil gratis dari salah satu produk atau layanan Anda, berbagi ide kreatif untuk proyek baru, mengusulkan pendekatan baru untuk tugas yang diminta, serta masih banyak yang lainnya.

Jadilah proaktif setiap saat

Agar klien Anda puas dengan layanan Anda, perlu untuk menunjukkan bahwa Anda memang bersedia untuk bertindak secara efisien dan pragmatis, yang harus segera dilakukan jika proyek mengizinkannya.

Singkatnya, jangan berharap untuk menerima setiap instruksi langkah demi langkah tentang apa yang harus Anda lakukan selama itu dalam jangkauan Anda, lakukan, sarankan opsi, prediksi beberapa saran, buat semua yang muncul di kepala Anda pertanyaan dan melakukan sesuatu tentang hal itu.

Bangun jawaban dan tunjukkan profesionalitas sejak awal sehingga klien Anda tahu bahwa Anda tahu apa yang Anda lakukan dan dapat memercayai pekerjaan Anda tanpa tertinggal dari Anda sepanjang waktu.

Mungkin jika Anda mengambil langkah pertama di dunia Freelance, Anda akan memerlukan lebih banyak instruksi awal untuk melaksanakan proyek yang diminta klien Anda, tetapi seiring waktu Anda akan mendapatkan lebih banyak kebebasan untuk mulai bekerja.

Jaga komunikasi dan selalu tanggapi

Sangat penting untuk selalu menjaga komunikasi yang baik dan tidak slow respon.  jika Anda menjaga agar klien Anda puas dan merasa didengarkan setiap saat, terutama dalam hal menerima dan menanggapi indikasi tentang kebutuhan klien, Anda akan mendapatkan kualifikasi sebagai Freelance yang penuh perhatian.

Tetap Komunikasi dengan klien sebelumnya

Tidak masalah jika klien berhenti bekerja dengan Anda, tidak ada yang terjadi di sana dan tetap up to date! Anda tidak pernah tahu kapan sebuah proyek akan muncul di mana mereka membutuhkan layanan Anda, tetapi lebih dari itu, Anda akan menunjukkan bahwa Anda peduli dan bersemangat bekerja dengan mereka.

Cobalah untuk menjaga hubungan baik dengan setiap klien yang memiliki kesempatan untuk bekerja dengan Anda, baik itu proyek jangka pendek, menengah atau panjang, karena peluang mungkin muncul di sepanjang jalan dan pekerja lepas akan diprioritaskan dalam seleksi. 

Orang yang tetap dekat dengan klien mereka, memberikan layanan konstan, menunjukkan keterbukaan mereka untuk melanjutkan pekerjaan, dan meninggalkan cap kualitas yang baik.

Faktanya, mengeluarkan kualitas pribadi terbaik Anda akan menumbuhkan hubungan interpersonal yang baik, faktor yang sangat berharga dalam hal menarik klien yang tertarik dengan layanan freelance Anda.

Jika Anda memiliki karakteristik pribadi seperti peduli, sabar, empati, sosial, dll, jangan takut untuk menunjukkannya kepada klien Anda.

Minta evaluasi

Untuk menjaga pelanggan Anda dan memastikan kepuasan mereka, cara apa yang lebih baik untuk menanyakan pendapat mereka tentang layanan Anda? Biarkan klien Anda menulis ulasan singkat atau mengisi survei mini dalam hitungan menit dan biarkan mereka menilai pengalaman mereka, mengomentari aspek favorit mereka dari kolaborasi, dan mendiskusikan hal-hal yang dapat Anda tingkatkan sebagai pekerja freelance.

Tentu saja, setelah Anda mendapatkan umpan balik, bagian terpenting adalah menerapkan umpan balik yang Anda terima dan memastikan layanan Anda terus meningkat.

Untuk keuntungan Anda, tidak semua freelancer mengikuti praktik sederhana ini, jadi jika Anda berhasil menerapkannya dalam layanan Anda, Anda akan secara otomatis menunjukkan kepada klien Anda betapa Anda peduli dengan kepuasan mereka, sementara Freelancer lain tidak.Hargai waktu mereka melalui pekerjaanmu

Salah satu kunci untuk memuaskan klien Anda dengan layanan freelance Anda dan menjadi freelancer yang terus mereka kunjungi adalah menunjukkan bahwa Anda menghormati dan menghargai waktu mereka dan bukan hanya uang mereka.

Menyerahkan pekerjaan yang diminta tepat waktu dalam waktu yang ditentukan atau jujur ketika Anda tidak dapat menyesuaikan diri dengan tenggat waktu yang ditentukan, melakukan percakapan yang paling efektif pada saat rapat atau melalui email, segera merespons, memperhatikan semua instruksi yang mereka tunjukkan kepada Anda sehingga Anda tidak dipaksa untuk menanyakan hal yang sama berulang-ulang.

Posting Komentar untuk "Tips Untuk Membuat Klien Anda Puas Jika Anda Seorang Freelancer"