Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menemukan Klien Baru sebagai Freelance Content Writer

Freelance Content Writer
Source : Unsplash


Sebagai seorang freelancer content writer baru, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menemukan klien baru. Bahkan sebagai freelancer mapan, Anda mungkin masih bertanya-tanya hal yang sama.

Sebagai freelancer – baik freelance content writer, desainer web, manajer media sosial, atau VA – akan selalu ada cara untuk menemukan klien baru.

Ini bisa sangat sulit ketika Anda tidak memiliki aliran pendapatan yang stabil sehingga menemukan klien potensial dan membangun hubungan dengan mereka sebelum Anda membutuhkan kontrak dan uang sangat penting untuk memastikan pendapatan Anda tetap konsisten.

Cara Menemukan Klien Baru sebagai Freelance Content Writer

LinkedIn

Freelance Content Writer


LinkedIn benar-benar diremehkan menurut saya. Mungkin tidak diremehkan oleh semua orang tetapi, ketika saya pertama kali memulai sebagai pekerja lepas, saya tentu mengabaikannya, berpikir bahwa itu hanya untuk para profesional dalam pekerjaan penuh waktu (bukan wiraswasta/pekerja lepas).

LinkedIn adalah cara yang bagus untuk membuat kontak baru dan terhubung dengan klien baru yang potensial. Dan, jika Anda mengatur profil Anda dengan benar, ini adalah cara yang fantastis bagi klien baru untuk menemukan Anda.

Pertama, Anda perlu memastikan bahwa akun Anda diatur dengan benar dan dioptimalkan agar orang dapat menemukan Anda. Dan, sehingga begitu mereka menemukan Anda, mereka tahu apa yang sebenarnya Anda lakukan.

Untuk melakukan ini, pastikan Anda menyertakan bio yang bagus yang menjelaskan dengan tepat jasa apa yang Anda tawarkan. Anda juga harus melengkapi bagian "Pengalaman" di profil Anda untuk memamerkan pekerjaan sebelumnya yang telah Anda selesaikan.

Ini tidak hanya memungkinkan calon klien baru untuk memeriksa pekerjaan Anda (dan mengonfirmasi dalam pikiran mereka bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk mereka) tetapi juga mencegah Anda mendapatkan banyak email yang meminta untuk melihat portofolio Anda (karena sudah ada di sana untuk mereka Lihat).

Gunakan Blog Anda untuk Menjual Jasa Anda

Blog Anda adalah cara sempurna untuk mengiklankan bakat dan jasa Anda. Jadi manfaatkan itu.

Jika Anda sudah memiliki blog atau situs yang mapan, ini sempurna. Anda akan memiliki lalu lintas yang datang ke situs Anda dan pembaca Anda akan terbiasa dengan betapa hebatnya keterampilan menulis Anda.

Posting artikel berdasarkan niche Anda menunjukkan kepada klien potensial bahwa a) Anda tahu jasa yang Anda tawarkan, dan b) bahwa Anda tahu cara menulis.

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda sertakan di situs Anda untuk membantu mempromosikan jasa freelance Anda

  • Halaman berupa Profil tentang Anda
  •  Portofolio Anda
  • Jasa/paket Anda
  • Kontak informasi

Media Sosial

Freelance Content Writer


Ada lebih banyak hal untuk menemukan klien baru di media sosial daripada hanya menggunakan akun Anda untuk mempromosikan jasa Anda. Tentu, Anda dapat menge-Tweet setiap hari memberi tahu pengikut Anda bahwa Anda menawarkan jasa copywriting atau jasa manajemen media sosial.

Ini mungkin memberi Anda petunjuk aneh di sana-sini tetapi itu akan menjadi kasus waktu yang tepat, tempat yang tepat. Sangat tidak mungkin bahwa klien ideal Anda, yang mencari jasa yang Anda berikan, ada di Twitter pada waktu yang tepat saat Anda menge-Tweet.

Tetapi, jika Anda menggunakan situs Anda untuk mempromosikan jasa Anda ma, a Anda dapat membagikan posting blog secara teratur di akun media sosial Anda yang akan mengarahkan lalu lintas ke situs Anda secara lebih umum.

Anda juga dapat menggunakan akun media sosial Anda untuk berjejaring dengan klien potensial. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya dalam posting ini, ada baiknya untuk berinteraksi dengan klien potensial Anda sebelum mengirim email nada dingin kepada mereka.

Grup Facebook adalah tempat bagus lainnya untuk menemukan klien baru. Jika Anda bergabung dengan grup yang tepat maka Anda harus dapat menemukan aliran pekerjaan yang konstan. Namun, pendekatan ini akan membutuhkan sedikit waktu untuk memulai karena ini semua tentang membangun hubungan terlebih dahulu.

Bergabunglah dengan beberapa Grup Facebook yang ditargetkan untuk blogger dan pengusaha dan terlibatlah di dalamnya. Jawab pertanyaan orang dan mengobrol dengan anggota lain. Menjadi nama/wajah yang familiar di grup tersebut.

Orang-orang lebih cenderung mempekerjakan seseorang yang mereka rasa sudah mereka kenal. Jadi, ketika peluang untuk bekerja muncul dalam kelompok, dan Anda memberikan tawaran yang bagus untuk itu, Anda akan menjadi wajah yang akrab bagi klien.

Testimoni

Seseorang makan di restoran baru di kota dan menyukainya. Jadi mereka pergi dan memberi tahu semua teman mereka tentang hal itu. Teman-teman memesan meja, makan di sana, menyukainya dan memberi tahu semua teman mereka. Tak lama, restoran sudah penuh dipesan!

Ini dapat bekerja untuk bisnis freelance Anda juga. Jika Anda memberikan jasa yang luar biasa, klien Anda mungkin akan tetap merekomendasikan Anda kepada orang lain. TAPI Anda tidak boleh hanya mengandalkan harapan bahwa mereka akan melakukannya.

Itu sebabnya Anda harus meminta referensi dari mantan klien Anda. Ketika Anda selesai mengerjakan proyek tertentu untuk klien, katakan kepada mereka bahwa Anda akan berterima kasih jika mereka dapat merekomendasikan Anda kepada orang-orang yang mereka kenal yang sedang mencari pekerjaan serupa untuk diselesaikan.

Posting Komentar untuk "Cara Menemukan Klien Baru sebagai Freelance Content Writer"