Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Proposal Freelancer

Cara membuat proposal freelancer
Unsplash.com



Untuk mempelajari cara membuat proposal freelancer merupakan cara yang harus dibayar, tidak peduli apakah Anda baru di dunia freelance, veteran berpengalaman di bidang Anda, atau freelance saat bekerja penuh waktu.

Meyakinkan klien potensial bahwa Anda paling cocok untuk pekerjaan itu (dengan proposal lepas yang kuat) adalah keterampilan yang sangat berharga untuk dipelajari sejak dini.

Menulis proposal freelance yang kuat yang dapat mengalahkan pesaing berpengalaman, sangat penting untuk memenangkan proyek terbaik dan meningkatkan penghasilan Anda sebagai pekerja lepas.

Jika dilakukan dengan benar, proposal freelance yang benar-benar hebat akan membuat klien potensial Anda menginginkan Anda, bahkan lebih dari yang Anda inginkan.

Cara Membuat Proposal Freelancer


Buat Pembukaan yang Kuat


Apa yang Anda lakukan untuk membuat mereka kagum langsung? Apa yang membuat email Anda berbeda dari orang lain yang melempar topi mereka ke atas ring untuk pertunjukan ini?

Pintu masuk menawan yang membuat penasaran, menunjukkan bahwa Anda melakukan penelitian, dan memberikan nilai aktual, adalah apa yang akan membangkitkan minat langsung di benak klien potensial Anda.

Mulailah dengan menemukan pertunjukan freelance jarak jauh yang tepat di situs-situs seperti Contena (jika Anda seorang penulis freelance), Remote.co, atau Hubstaff Talent.

Kemudian, jika Anda dapat menjangkau klien potensial Anda dengan cepat setelah mereka memposting permintaan bantuan mereka, Anda akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan secara signifikan.

Jual Kemampuan Anda


Apa pun tugas yang Anda lamar lakukan untuk klien potensial, tugas Anda adalah menyesuaikan kekuatan Anda dengan pekerjaan itu.

Mempelajari cara menonjolkan kemampuan Anda yang paling menarik untuk kebutuhan spesifik klien individu adalah keterampilan yang tak ternilai.
 
ika Anda membutuhkan dorongan kepercayaan diri, istirahatlah sejenak dan telusuri daftar kutipan motivasi saya yang akan membawa Anda ke dalam pola pikir yang benar.

Jika Anda memiliki keterampilan pemasaran dan keterampilan blogging untuk benar-benar menjual diri Anda sebagai pemasar konten yang kuat, dan bukan hanya penulis freelance, maka bersandarlah pada kekuatan itu—beri mereka bukti hasil yang Anda dorong untuk posting blog sebelumnya.

Jika Anda menargetkan proyek desain logo, pastikan Anda menguraikan keterampilan kreatif Anda terlebih dahulu. Tunjukkan pada mereka bahwa karya Anda sebelumnya selaras dengan estetika desain yang menurut Anda akan mereka tuju dengan rebranding mereka.

Jika proyeknya adalah mengoreksi makalah ilmu saraf yang sangat teknis, fokuslah pada gelar Anda yang relevan, dan jika mungkin arahkan ke makalah lain dalam ruang ini yang telah Anda edit sebelumnya.

Antisipasi dan Jawab Pertanyaan


Sayangnya, tidak setiap pemberi kerja memberikan daftar harapan atau pertanyaan menyeluruh untuk Anda tentang proyek mereka.

Meskipun deskripsi proyek yang tidak jelas dapat sedikit membingungkan, Anda harus memanfaatkan peluang ini dengan menunjukkan pengetahuan dan pengalaman Anda langsung. 

Tunjukkan kepada klien Anda bahwa Anda dapat mengidentifikasi masalah mereka dan mengusulkan solusi secara proaktif dan Anda telah mengambil langkah besar untuk menutup kesepakatan.

Untuk membantu mengantisipasi apa yang mungkin diminta klien potensial Anda dari Anda, coba bayangkan diri Anda pada posisi mereka.

Masalah atau masalah tak terucap seperti apa yang mungkin mereka alami hingga saat ini? 

Jika Anda ingin membantu dengan rebranding situs web, perhatikan baik-baik branding terputus-putus yang ada, gambar atau logo berkualitas buruk, dan tawarkan pemikiran cepat Anda tentang arah yang ingin Anda ambil, jika Anda dipekerjakan untuk membantu.

Pilih dan Sertakan Contoh Pekerjaan yang Relevan

Cara membuat proposal freelancer
Unsplash.com



Cara membuat proposal freelancer yang paling utama adalah menyertakan portofolio. Sangat penting bahwa portofolio Anda dan contoh kerja yang terbukti berbicara sendiri. Pastikan Anda memilih hanya sampel terbaik dan paling relevan untuk disertakan dengan proposal freelance Anda.

Pengusaha sangat ingin melihat bahwa Anda sebelumnya telah mengerjakan sesuatu yang mirip dengan proyek mereka. Masuk akal, jika Anda pernah melakukan jenis pekerjaan yang tepat ini di masa lalu, mereka memiliki rasa keandalan yang dapat Anda tiru atau melebihi hasil Anda sebelumnya.

Pilih beberapa contoh hebat dan tautkan ke mereka di email jangkauan Anda dan dalam proposal freelance Anda. Jelaskan secara singkat dalam satu atau dua kalimat, bagaimana kontribusi Anda membantu klien sebelumnya mencapai tujuan mereka.

Jika Anda baru mengenal freelance dan tidak memiliki sampel yang relevan untuk dikirim, maka yang terbaik yang dapat Anda lakukan adalah membuat sampel Anda sendiri. 

Bangun situs web portofolio, tulis contoh posting blog, rancang logo Anda sendiri, olah data sampel, tunjukkan bahwa Anda berpengalaman dalam mengajari orang lain cara memulai blog dan menghasilkan uang dari blog.

Saat Anda mengirimkan tautan ke portofolio Anda yang menunjukkan bahwa Anda dapat mencapainya sendiri, apa yang ingin mereka lakukan dalam bisnis mereka sendiri, Anda akan segera menarik minat mereka.

Gunakan Tata Letak Proposal Freelance yang Menarik Secara Visual


Kesan pertama adalah segalanya, itulah sebabnya proposal freelance yang menang harus estetis, tajam, dan terorganisir dengan baik.

Bahkan sebelum klien potensial mulai membaca proposal Anda, mereka pasti akan membentuk sikap terhadap konten pekerjaan Anda, hanya dari tampilannya. 

Bergantung pada apa yang Anda usulkan, Anda mungkin tidak memerlukan apa-apa selain dokumen Microsoft Word sederhana untuk menyatakan kasus Anda, atau Anda mungkin memerlukan sesuatu yang lebih keren untuk menjual jasa Anda—terutama jika Anda sedang mengerjakan proposal proyek internal untuk perusahaan tempat Anda bekerja.

Penutup


Cara membuat proposal freelancer tidak selamanya sulit namun juga tidak mudah. Hal yang paling utama ialah, Anda harus paham mengenai bakat dan kemampuan yang Anda miliki sebelum pada akhirnya menawarkannya sebagai sebuah jasa.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Proposal Freelancer"