Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Keunggulan Dari Penetapan Harga Tetap Freelance

Keunggulan dari penetapan harga tetap freelance tentu dapat berbeda-beda tergantung kepada jenis proyek freelance-nya. Setelah menemukan klien, salah satu hal tersulit yang harus dilakukan sebagai freelancer adalah menentukan tarif freelance Anda. 

Anda tidak ingin harga diri Anda keluar dari pasar, tetapi Anda masih perlu dibayar secara adil untuk waktu dan usaha yang Anda lakukan untuk pekerjaan Anda, serta untuk bakat dan keterampilan Anda. Anda juga perlu mencari nafkah. Ingat, hanya ada satu hal yang lebih buruk daripada menagih klien terlalu banyak – tidak cukup membebankan biaya.

Freelance dapat menggunakan strategi dan tarif penetapan harga yang berbeda untuk membebankan biaya kepada klien mereka, seperti biaya per jam, harga tetap per proyek, dan penetapan harga berbasis nilai yang lebih kompleks.

Bagaimana Cara Menentukan Harga Jasa Freelance Anda

Keunggulan Dari Penetapan Harga Tetap Freelance
Unsplash.com


Dari web developer hingga menulis hingga desainer, ada begitu banyak jenis bidang freelance. Sebelum Anda mulai berpikir tentang cara menagih klien, cari tahu apa yang dibayar pasar untuk pekerjaan lepas seperti milik Anda. 

Tanyakan kepada teman atau kenalan di bidang yang sama apa yang mereka kenakan, dan periksa situs web pekerja lepas lainnya. Bandingkan keahlian, pengalaman profesional, dan portofolio Anda.

Ini akan membantu Anda memastikan bahwa apa yang Anda putuskan untuk dikenakan biaya sesuai dengan tarif industri saat ini. Anda juga akan mendapatkan gambaran tentang berapa banyak klien potensial yang bersedia membayar. Jika Anda termasuk dalam organisasi industri, mereka mungkin juga memiliki daftar tarif freelance saat ini.

Cari Tahu Apa yang Anda Butuhkan untuk Bertahan Hidup

Setelah Anda mengetahui berapa tarif yang berlaku untuk pekerjaan freelance Anda, inilah saatnya untuk fokus pada kebutuhan Anda. Berapa jumlah minimum uang yang Anda perlukan dari pekerjaan lepas untuk bertahan hidup? Ini termasuk sewa bulanan atau pembayaran hipotek, utilitas, makanan, transportasi, dan tagihan lainnya.

Anda juga harus memasukkan pengeluaran apa pun yang Anda miliki sebagai pekerja lepas, seperti persediaan, perangkat lunak, Wi-Fi, asuransi, dan biaya hukum dan akuntansi. Jika Anda tidak yakin tentang pengeluaran Anda, tanyakan pada freelancer lain. Akuntan Anda juga akan tahu pengeluaran apa yang dapat Anda kurangi.

Meskipun hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah jumlah dasar uang yang Anda butuhkan untuk bertahan hidup, itu tentu saja bukan tujuan utama Anda. Dengan menjadi freelancer, Anda memilih bagaimana, di mana, dan kapan Anda bekerja, serta seberapa banyak Anda bekerja. Secara teori, sebenarnya tidak ada batasan untuk apa yang bisa Anda hasilkan.

Perbedaan Antara Pendapatan Penuh Waktu dan Freelance

Jangan terjebak dalam pemikiran bahwa Anda hanya dapat menghasilkan uang dalam jumlah yang sama dengan seseorang yang bekerja penuh waktu di bidang Anda. Sebagai pekerja lepas profesional, Anda dapat menghasilkan lebih banyak. 

Ini sebagian karena banyak pekerjaan penuh waktu datang dengan asuransi kesehatan atau program pensiun sebagai bagian dari gaji mereka. Tetapi alasan yang lebih besar adalah bahwa klien mempekerjakan Anda karena keahlian unik Anda.

Jika mereka memiliki karyawan untuk melakukan pekerjaan itu, mereka tidak akan mendatangi Anda. Atau, mereka mungkin membutuhkan seseorang yang lepas untuk segera mengerjakan proyek, dan staf mereka terlalu sibuk. Anda memberikan keterampilan penting pada waktu yang optimal, yang mereka akan membayar mahal.

Kedengarannya cukup bagus, bukan? Jangan lupa: Itu juga berarti Anda harus terus meningkatkan keterampilan Anda untuk terus menunjukkan kepada klien bagaimana Anda dapat berkontribusi untuk kesuksesan mereka.

Berikut ini merupakan beberapa keunggulan dari penetapan harga tetap freelance

Keunggulan Dari Penetapan Harga Tetap Freelance

Keunggulan Dari Penetapan Harga Tetap Freelance
Unsplash.com


Kemudahan Menaikkan Harga

Dengan menggunakan metode ini, akan lebih mudah untuk menaikkan harga Anda, lebih terukur dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda juga. Jika Anda menawarkan pengaya apa pun, Anda mengajukannya dengan harga tertentu. 

Katakanlah Anda menyetujui harga sekitar Rp.1.500.000  untuk proyek tersebut, di tengahnya klien menginginkan fitur tambahan, yang harganya Rp.500.000. Pada akhirnya, Anda menghasilkan Rp.2.000.000.

Anda Dapat Menambahkan Opsi Revisi Sesuai Harga


Saat Anda menyelesaikan proyek, tetapkan sejumlah revisi gratis tertentu (misalkan satu atau dua). Buat klien Anda sadar bahwa dari revisi ketiga ke atas Anda mengenakan tarif tertentu. Karena biasanya jika freelance tidak menetapkan harga, klien akan seenaknya saja dalam memberikan revisi. 

Mengetahui Harga Tetap di Awal Memberikan Kenyamanan Pada Klien


Karena harganya tetap, pelanggan Anda akan tahu persis bahwa harga yang dia lihat adalah harga yang dia bayar. Tidak akan ada kejutan di akhir proyek. Ini membawa ketenangan pikiran bagi klien Anda dan mengetahui bahwa mereka akan membelinya.

Tepat untuk Penetapan Waktu Pengerjaan 


Keunggulan dari penetapan harga tetap freelance yang satu ini sangat bagus untuk digunakan ketika Anda tahu persis berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk menyelesaikan sebuah proyek. 

Kalau Anda dapat memberikan waktu sekitar 1 atau 2 minggu untuk mengerjakan proyek tersebut, maka Anda harus menyelesaikannya tepat waktu untuk dapat mempertahankan kredibilitas Anda sebagai seorang freelancer.

Penutup

Keunggulan dari penetapan harga freelance Anda harus fleksibel agar sesuai dengan berbagai jenis klien yang Anda miliki, dan berbagai jenis proyek yang Anda ambil. Lagi pula, tidak ada undang-undang yang mengatakan bahwa Anda perlu membebankan biaya yang sama kepada semua klien Anda atau menggunakan metode yang sama.

Jika apa yang Anda lakukan memiliki hubungan langsung dengan bagaimana klien Anda menghasilkan pendapatan, mengambil persentase melalui penetapan harga berbasis nilai mungkin paling masuk akal.

Ada juga saat-saat ketika Anda mungkin menurunkan biaya proyek Anda untuk merayu klien baru yang berharga, atau untuk memberikan istirahat kepada klien jangka panjang yang setia. Pada akhirnya, perhatikan apa yang ditawarkan freelancer lain. Anda ingin kompetitif, tetapi Anda juga tidak ingin dikenal karena pekerjaan Anda yang "murah dan ceria".



Posting Komentar untuk "Keunggulan Dari Penetapan Harga Tetap Freelance"