Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apa yang Harus Diketahui oleh Setiap Freelancer

Apa yang harus diketahui oleh setiap freelancer yaitu, freelancing bukanlah karir yang mudah untuk dikejar karena banyak tantangannya, terutama ketika Anda baru memulai. Bahkan profesional berpengalaman pun harus menghadapi beberapa keadaan tak terduga saat bekerja untuk beberapa klien bermasalah. Sebuah pekerjaan lepas pasti datang dengan masalah sendiri yang perlu ditangani terlebih dahulu.

Banyak profesional ingin mematahkan belenggu pekerjaan kantor yang monoton dan melakukan perjalanan ke tempat yang jauh untuk bekerja. Sebaliknya, mereka lebih suka bekerja dari rumah daripada menjadi bos bagi diri mereka sendiri. 

Tetapi risiko yang signifikan dalam memulai karir sebagai freelancer adalah bahwa hal itu dapat membatasi penghasilan Anda jika Anda tidak tahu triknya. Jika Anda juga bercita-cita untuk bekerja sebagai freelancer, Anda harus siap menghadapi banyak masalah; Anda mungkin menghadapi awalnya.

Misalnya, menjaga hubungan baik dengan klien penting untuk mendapatkan pekerjaan secara konsisten. Tetapi mendapatkan proyek dan kemudian memiliki lebih banyak tugas dari klien yang sama adalah dua keterampilan yang berbeda.

Ketika beberapa freelancer memenangkan proyek, tetapi karena pendekatan mereka yang tidak profesional dan perilaku yang tidak menyenangkan, mereka kehilangan klien mereka. Oleh karena itu, menjaga hubungan baik dengan mereka sangat penting; tapi itu hanya salah satu tantangan. 

Demikian pula, freelancer juga harus secara efektif menangani masalah seperti klien yang menuntut, iterasi, pembayaran, anggaran klien yang rendah, tarif per jam, dll.

Tetapi jika Anda tahu cara menangani klien dan masalah lainnya, Anda dapat mencapai tujuan penghasilan Anda secara bertahap. Tidak ada keraguan bahwa dengan pendekatan profesional, freelancer dapat memperoleh penghasilan dengan baik. 

Dengan banyak peluang penghasilan sebagai freelancer, jumlah profesional yang meninggalkan pekerjaan tetap mereka untuk bekerja sebagai freelancer semakin banyak.

Apa yang Harus Diketahui oleh Setiap Freelancer

Apa yang Harus Diketahui oleh Setiap Freelancer
Apa yang Harus Diketahui oleh Setiap Freelancer - unsplash.com


Temukan Cara Untuk Mendapatkan Lebih Banyak Klien

Ketahui cara mendapatkan lebih banyak klien karena Anda akan membutuhkan mereka untuk alur kerja yang konsisten. Freelancer harus menjelajahi rujukan — cara penting untuk mendapatkan lebih banyak klien. Ketika Anda bekerja untuk klien yang puas, mintalah apakah dia dapat merujuk layanan Anda kepada orang lain karena Anda memiliki lebih banyak kapasitas untuk bekerja.

Terkadang, kita terlalu malu untuk meminta referensi dari klien. Banyak dari mereka berpikir bahwa Anda mungkin tidak memiliki waktu atau kapasitas untuk bekerja lebih banyak. Karena itu, Anda perlu memberi tahu mereka tentang kesediaan Anda untuk memiliki lebih banyak tugas.

Mendapatkan Detail Dari Klien

Sebelum Anda mulai bekerja dengan klien, pertanyaan apa yang harus diajukan seorang desainer untuk mendapatkan detail yang relevan? Nah, izinkan saya memberi Anda sebuah contoh. Misalkan proyeknya adalah untuk membuat aplikasi seluler. 

Anda harus bertanya kepada klien tentang bisnis dan audiens target mereka, bersama dengan pesaing langsung dan tidak langsung Anda. Kemudian, ajukan beberapa pertanyaan spesifik seperti — di platform mana klien ingin membangun aplikasi. Apakah itu Android, iOS atau bot? Anda juga harus bertanya tentang timeline proyek dan anggaran.

Sebagian besar klien tidak akan pernah menjawab pertanyaan Anda tentang anggaran. Sebaliknya, jika Anda terus bertanya tentang anggaran, banyak dari mereka akan bertanya tentang biaya Anda untuk proyek tertentu. 

Jadi, bersiaplah untuk memberi tahu biaya Anda jika klien meminta. Selain itu, Anda harus mengajukan lebih banyak pertanyaan kepada klien seperti apa filosofi Anda, fungsionalitas seperti apa yang Anda inginkan dalam aplikasi seluler, dll.

Beberapa klien sudah mengajukan pertanyaan seperti itu dan jawaban mereka di bagian spesifikasi singkat mereka. Namun, Anda dapat mengajukan beberapa pertanyaan tambahan untuk mendapatkan informasi yang Anda perlukan untuk mengerjakan proyek tersebut.

Hindari Bekerja Dengan Biaya Rendah

Kebanyakan klien mencari profesional yang dapat bekerja untuk mereka dengan harga murah. Mereka akan berbicara dengan sopan. Tetapi Anda harus menghindari klien seperti itu yang ingin menyelesaikan pekerjaan dengan harga yang murah.

Tangani Klien yang Sulit dengan Cerdik

Jika Anda berpikir untuk berurusan dengan klien yang bermasalah tepat sebelum mulai bekerja, saya sarankan Anda untuk tidak mendekati sama sekali. Jika klien tidak seperti orang yang menghangatkan hati dan tidak ingin bekerja dengan Anda, maka Anda tidak boleh memiliki orang ini dalam kehidupan kerja Anda. Tetapi jika klien menjadi agresif selama bekerja, Anda harus sangat diplomatis dalam berurusan dengan klien tersebut untuk kesuksesan freelance sebagai apa yang harus diketahui oleh setiap freelancer pada umumnya.

Biaya Ekstra Untuk Iterasi

Apa yang harus Anda lakukan ketika klien meminta terlalu banyak iterasi? Jika klien setuju dengan proses kerja Anda yang telah Anda jelaskan dalam proposal Anda, maka dia tidak akan meminta banyak iterasi. Tetapi jika klien bersikeras, maka kenakan harga tambahan untuk setiap iterasi tambahan.

Tetapkan Tarif Per Jam Anda dengan Hati-hati

Ini adalah topik yang panjang, dan saya bisa terus membicarakannya. Tapi singkatnya, jika Anda seorang pemula, Anda ingin menetapkan tarif per jam mungkin karena Anda ingin bekerja untuk waktu yang lebih lama. Jadi, pastikan Anda telah menetapkan tarif per jam atau ketentuan pembayaran lainnya yang tepat untuk layanan desain grafis Anda.

Minta Uang Muka

Apa yang harus diketahui oleh setiap freelancer adalah untuk memastikan Anda tidak mulai mengerjakan proyek tanpa mengambil uang muka dari klien. Jangan bekerja dengan klien yang tidak bersedia melakukan pembayaran di muka. Jika Anda memiliki masalah dengan uang muka, ketika pekerjaan selesai dan disetujui oleh klien, jangan pernah mengirim file sumber sampai Anda menerima pembayaran akhir. 

Posting Komentar untuk "Apa yang Harus Diketahui oleh Setiap Freelancer"