Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bentuk Ucapan Terima Kasih Freelancer Kepada Klien

Bentuk ucapan terima kasih freelancer kepada klien seringkali dianggap tidak penting. Membuat kesan positif di tempat kerja tidak membutuhkan banyak hal. Namun, melakukannya dengan benar akan sangat membantu. Salah satu cara termudah untuk membuat kesan ini adalah dengan menunjukkan penghargaan, dan cara termudah untuk melakukannya adalah dengan mengirim surat terima kasih kepada klien untuk bisnis mereka setelah Anda mengakhiri template perjanjian dan mendapatkan bayaran untuk template faktur terakhir. 

Ini bisa sangat berguna untuk mempertahankan klien dan menciptakan peluang rujukan, karena berfungsi sebagai tampilan itikad baik dan humanisasi. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara berterima kasih kepada klien untuk bisnis mereka, tidak perlu mencari lagi.

Bentuk Ucapan Terima Kasih Freelancer Kepada Klien

Bentuk Ucapan Terima Kasih Freelancer Kepada Klien
Bentuk Ucapan Terima Kasih Freelancer Kepada Klien - unsplash.com


Semua orang menghargai ucapan terima kasih atas sesuatu yang telah mereka lakukan. Entah itu sesuatu yang kecil seperti menjalankan tugas, atau lebih signifikan seperti dipercayakan dengan peran baru dari salah satu klien lepas Anda, mengatakan 'terima kasih' dapat membuat upaya itu tampak berharga.

Rasa terima kasih ini tidak hanya membantu klien merasa senang dengan apa yang telah mereka lakukan, tetapi juga menunjukkan bahwa sebagai freelancer atau pemberi kerja, Anda terlibat dalam pekerjaan Anda dan memperhatikan orang-orang yang bekerja dengan Anda. Ini membantu membangun loyalitas – dengan mudah. Di sisi lain, lupa mengucapkan terima kasih dapat merugikan posisi kerja Anda.

Kirim Catatan Tulisan Tangan

Beberapa orang mungkin mengatakan metode ini kuno, tetapi kami mengatakan menunjukkan kepada klien Anda bahwa Anda peduli dengan catatan tulisan tangan yang dipersonalisasi itu berkelas.

Setelah Anda mengirimi klien Anda faktur freelance yang dipersonalisasi, mungkin faktur terbesar, karena posisi yang baru dipromosikan, pertimbangkan untuk menindaklanjuti dengan ucapan terima kasih. Triknya di sini adalah fokus dan spesifik.

Alih-alih hanya mengatakan, “Terima kasih atas bisnis Anda,” cobalah mempersonalisasi catatan – gunakan keterampilan menulis itu. Sebutkan mengapa Anda berterima kasih untuk mereka secara khusus, apa yang telah Anda peroleh, dan bagaimana Anda menantikan pengalaman yang lebih berkualitas bersama.

Anda harus berlatih mengirim surat terima kasih secara teratur. Faktanya, para ahli mengatakan, karena kekuatan ucapan terima kasih yang luar biasa, mereka harus menjadi otomatis seperti menyikat gigi. Surat terima kasih kepada klien untuk bisnis mereka akan membantu membina hubungan profesional yang sehat dan tahan lama.

Kirim Email Terima Kasih

Tentu, 'terima kasih atas email bisnis Anda' ini mungkin mirip dengan catatan tulisan tangan, namun, ini semua tentang bagaimana Anda menulisnya dan kapan Anda mengirimkannya yang membuat perbedaan.

Hal terbaik tentang email terima kasih adalah Anda dapat mengirimnya untuk setiap kesempatan. Biasanya, mereka bekerja paling baik untuk acara-acara yang lebih mendasar atau santai. Jadi, lain kali Anda menagih klien, tindak lanjuti dengan email terima kasih. Email ini bisa sesingkat atau selama yang Anda suka, tergantung seberapa kuat perasaan Anda tentang transaksi tersebut.

Apa pun itu, pastikan Anda mengikuti panduan sederhana ini:

Gunakan sapaan yang tepat (tergantung pada situasi formal atau informal).

  • Sampaikan terima kasih dan penghargaan Anda dengan detail.
  • Sertakan bagaimana Anda menantikan bisnis di masa depan.
  • Ucapkan terima kasih lagi.
  • Sertakan tanda email yang sesuai.

Undang Klien Freelance Anda ke Sebuah Acara

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara berterima kasih kepada klien untuk bisnis mereka sambil menambahkan sedikit suar, Anda selalu dapat mencoba langkah mulus ini. Jika klien freelance Anda telah melampaui sekitar akhir tahun, ini adalah kesempatan sempurna untuk mengundangnya ke perayaan liburan berbasis pekerjaan atau acara akhir tahun.

Meskipun ini pasti tergantung pada jenis hubungan kerja yang Anda miliki dengan klien Anda, ini juga dapat memperkuat hubungan itu secara signifikan. Gunakan kesempatan untuk benar-benar memulai dengan langkah yang benar dengan memperkenalkan mereka ke lingkungan berbeda di luar pekerjaan yang masih profesional – tetapi menyenangkan.

Setelah acara, Anda pasti akan memperkuat dan memperkuat hubungan – sekarang Anda dapat mempertimbangkan untuk mengirimi mereka proposal lepas untuk lebih banyak pekerjaan.

Kirim Hadiah Yang Dipersonalisasi

Mari jujur. Semua orang menyukai hadiah. Jika Anda ingin mengungkapkan rasa terima kasih Anda dengan cara yang ampuh, temukan hadiah yang menjangkau klien freelance Anda pada tingkat pribadi, bukan hanya profesional.

Meskipun biasanya hanya mungkin untuk mengetahui dasar-dasar tentang klien Anda, terkadang hanya itu yang Anda butuhkan. Namun, seperti yang diperingatkan para ahli, pastikan hadiah Anda tidak menjerit putus asa. 

Apa yang Anda ketahui tentang latar belakang, hobi, atau minat mereka? Dengan menggunakan informasi ini untuk membuat ide hadiah yang dipersonalisasi, Anda akan membuat kesan yang luar biasa.

Butuh inspirasi? Coba kembangkan dari ide-ide ini:

  • Label bagasi
  • Tas kantor
  • Buku catatan
  • Cangkir kopi

Mencari tahu bagaimana berterima kasih kepada klien atas bisnis mereka dengan cara Anda sendiri yang berbicara kepada klien tertentu pada tingkat pribadi akan sangat membantu Anda menonjol sebagai freelancer.

Buat Klien Freelance Anda Tertawa

Ini mungkin tampak… lucu, tetapi membuat klien Anda tertawa mungkin merupakan cara yang sempurna untuk mengucapkan terima kasih dengan santai.

Jika klien Anda tidak memiliki selera humor yang tinggi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali pendekatan ini, namun, bagi mereka yang menyukai tawa yang tulus, 'hadiah' yang santai ini mungkin bisa menjadi pilihan Anda untuk menunjukkan rasa terima kasih.

Bagikan kartun lucu yang Anda tahu akan dianggap lucu oleh klien Anda atau buat poster film di Photoshop yang menyertakan klien Anda – terserah Anda, berkreasilah.

Posting Komentar untuk "Bentuk Ucapan Terima Kasih Freelancer Kepada Klien"