Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mendapatkan Proyek Freelancing Pertama Anda

Anda telah memutuskan untuk keluar dan memulai sebagai seorang freelancer, dan Anda telah menemukan diri Anda terjebak dalam hal yang sama yang Anda alami ketika Anda sedang mencari posisi entry-level tradisional: Anda perlu pengalaman untuk mendapatkan pekerjaan, tapi Anda membutuhkan pekerjaan untuk mendapatkan pengalaman. Ini akan sangat membingungkan ketika Anda mencari cara mendapatkan proyek freelancing pertama Anda.

Mendapat pekerjaan freelance pertama Anda bisa menjadi situasi yang membuat frustrasi. Tapi, sayangnya, itu juga bisa diterima. Banyak perusahaan tidak ingin mengambil risiko pada seseorang yang benar-benar ramah lingkungan. Mereka lebih suka menemukan seseorang yang telah terbukti sukses sebelumnya.

Jadi apa yang Anda lakukan? Bagaimana Anda bisa mendapatkan klien lepas pertama Anda dan mulai mendapatkan penghasilan—bahkan ketika Anda baru mengenal permainan ini?

Cara Mendapatkan Proyek Freelancing Pertama Anda

Cara Mendapatkan Proyek Freelancing Pertama Anda
Cara Mendapatkan Proyek Freelancing Pertama Anda - unsplash.com


Prioritaskan Pengalaman daripada Gaji

Anda mungkin memutuskan untuk menjadi freelancer karena Anda memiliki hasrat untuk kerajinan Anda, tidak diragukan lagi. Tapi, jujur ​​​​saja — Anda juga ingin mendapatkan penghasilan. Baik itu pekerjaan sampingan atau jalur karir penuh waktu Anda yang baru, Anda perlu mengumpulkan beberapa dolar untuk membuat semua ini berharga.

Itu lebih dari bisa dimengerti. Namun, bahkan jika Anda memiliki pengalaman bertahun-tahun di bidang Anda, mungkin sulit untuk meminta label harga tinggi untuk layanan Anda saat Anda baru memulai.

Untuk mengatasi ini, berusahalah untuk memprioritaskan pengalaman daripada berapa banyak yang akan Anda dapatkan. Publikasi itu mungkin membayar biaya rendah. Tapi, apakah byline di sana akan memberi Anda lebih banyak eksposur di niche yang Anda pilih? Anggaran proyek pengembangan web itu mungkin lebih rendah dari yang Anda harapkan, tetapi apakah itu akan memberi Anda beberapa kontak yang sangat dibutuhkan di bidang Anda?

Mungkin sulit untuk menahan godaan untuk berubah menjadi salah satu karakter kartun dengan tanda dolar di mata Anda, tetapi berusahalah sebaik mungkin untuk tetap fokus pada gambaran besarnya—bukan angka pada gaji. Akhirnya bisa terbayar.

Pertimbangkan Keterampilan Anda yang Ada

Anda tidak memiliki pengalaman sebagai freelancer. Tapi, itu tidak berarti bahwa Anda tidak memiliki keterampilan berharga untuk dibawa ke meja. Pikirkan pengalaman unik apa yang Anda miliki yang dapat membantu Anda memperkenalkan diri kepada calon klien dan menonjol dari kompetisi freelance lainnya di luar sana.

Mungkin latar belakang Anda di industri perawatan kesehatan akan membuat Anda paling cocok untuk mengambil foto untuk materi promosi baru rumah sakit itu. Atau, mungkin fakta bahwa Anda adalah jagoan Excel yang memproklamirkan diri akan membuat Anda memenuhi syarat untuk menulis untuk blog berorientasi Microsoft itu.

Jangan takut untuk berpikir di luar kebiasaan dan mengidentifikasi ciri-ciri unik dan keterampilan khusus yang akan membuat calon klien menganggap Anda serius—meskipun Anda tidak memiliki pengalaman freelance.

Buat Situs Web

Memiliki situs web untuk bisnis freelance baru Anda akan berfungsi sebagai ruang bagi Anda untuk memamerkan portofolio pekerjaan Anda dan sebagai cara bagi klien potensial untuk menemukan Anda. Ini dapat memberikan cara cepat dan mudah untuk menyajikan bio tentang diri Anda, jenis proyek apa yang ingin Anda ambil, harga Anda, dan informasi kontak Anda.

Dan Anda tidak perlu menjadi pengembang web untuk membuat situs web. Banyak platform, seperti Squarespace dan Wix, memudahkan untuk memilih template dan memulai serta menjalankannya.

Mengandalkan Jaringan Anda

Anda pernah mendengar klise "Tidak selalu apa yang Anda ketahui, tetapi siapa yang Anda kenal". Dan, sebanyak mungkin membuat Anda memutar mata, itu sebenarnya bisa menjadi manfaat besar bagi Anda ketika Anda mencoba untuk mencari cara mendapatkan proyek freelancing pertama Anda.

Mengapa? Yah, karena pemasaran dari mulut ke mulut bisa menjadi apa yang Anda butuhkan untuk mendapatkan beberapa klien potensial untuk mengambil kesempatan pada Anda — meskipun Anda tidak memiliki pengalaman bertahun-tahun untuk nama Anda. Saat Anda direkomendasikan kepada klien oleh seseorang yang mereka percayai di jaringan mereka sendiri, kemungkinan besar Anda akan berhasil dan membuat kesan.

Jadi, hubungi kontak Anda dan beri tahu mereka bahwa Anda adalah freelancer dan Anda akan menghargai setiap rekomendasi. Anda tidak pernah tahu dengan siapa kenalan Anda yang mungkin terhubung.

Bertemu dengan Rekan Freelancer

Bawa jaringan Anda ke dunia nyata dan pertimbangkan untuk mencari mentor atau mendapatkan wawancara informasi dengan seseorang yang sudah lebih dahulu menekuni dunia freelancing. Mentor karir adalah hubungan berkelanjutan di mana Anda dapat bertemu secara teratur untuk membicarakan suka dan duka pekerjaan lepas Anda. 

Wawancara informasional kemungkinan merupakan pertemuan satu kali untuk berbicara dan mengajukan pertanyaan tentang seseorang yang melakukan apa yang ingin Anda lakukan. Situasi mana pun dapat memberi Anda cara yang bagus untuk mendapatkan saran dan tip tentang cara masuk ke dunia freelance. 

Sementara motivasi Anda untuk berbicara dengan seorang mentor atau menjadwalkan wawancara informasi seharusnya bukan untuk meminta referensi atau pekerjaan, Anda tidak pernah tahu apa yang bisa dihasilkan dari hubungan ini.

Pahami Industri Pilihan Anda

Anda bersemangat dan bersemangat untuk memulai karir freelance Anda. Namun, seantusias apa pun Anda, penting bagi Anda untuk memahami potensi industri pilihan Anda. Apakah ini lanskap kompetitif di mana Anda akan bertemu lagi dengan banyak pekerja lepas lain yang menginginkan pertunjukan yang sama? 

Apakah perusahaan bahkan mempekerjakan pekerja lepas di bidang keahlian Anda, atau apakah mereka tetap dengan peran karyawan? Berapa tingkat gaji rata-rata, dan apakah itu cukup bagi Anda? Memahami tingkat pertumbuhan industri Anda akan membantu memandu Anda tentang siapa yang harus dihubungi dan di mana harus memfokuskan cara mendapatkan proyek freelancing pertama Anda.


Posting Komentar untuk "Cara Mendapatkan Proyek Freelancing Pertama Anda"