Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Jenis Pekerjaan Freelance Bidang Desain

Jenis pekerjaan freelance bidang desain seringkali dicari karena banyak produk dan layanan yang kami lihat, dan gunakan adalah karya dari berbagai jenis desainer yang menciptakan tampilan, nuansa, dan kegunaan mereka. Baik Anda ingin mendesain situs web yang menarik secara visual, mudah digunakan, atau sepeda performa jenis baru, seorang desainer menunggu untuk membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda.

Dengan begitu banyak jenis pekerjaan freelance bidang desain untuk dipilih, menemukan yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda sangat penting. Dalam panduan ini, kami menguraikan beberapa jenis desainer freelance yang paling umum dan apa yang mereka lakukan, dan meninjau bagaimana Anda dapat menemukan desainer yang paling sesuai dengan tujuan Anda.

Jenis Pekerjaan Freelance Bidang Desain

Jenis Pekerjaan Freelance Bidang Desain
Jenis Pekerjaan Freelance Bidang Desain - unsplash.com


Beberapa desainer telah digunakan dalam bisnis dan industri selama beberapa dekade. Lainnya adalah hasil dari teknologi modern dan transformasi digital. Selain hasrat untuk desain grafis, apa yang dibagikan oleh para desainer saat ini antara satu sama lain adalah penggunaan teknologi untuk menciptakan dan menyempurnakan karya mereka. 

Sebagian besar desainer, terutama mereka yang mengembangkan kreasi visual, juga memiliki pemahaman mendasar tentang prinsip-prinsip inti desain. Di sini kami telah menyusun daftar jenis desainer paling umum yang dapat Anda pekerjakan untuk kebutuhan bisnis Anda.

Desainer Web Freelance

Desainer web bertanggung jawab atas kegunaan situs web dan estetika visual, termasuk gambar, skema warna, tipografi, aliran informasi, dan tata letak. Banyak situs web dibuat dengan pembuat situs web, seperti WordPress, WiX, dan Squarespace, menggunakan templat yang telah dibuat sebelumnya tetapi dapat disesuaikan. 

Desainer web juga menggunakan perangkat lunak desain seperti Adobe Creative Suite dan berpengalaman dalam wireframe situs web, palet warna, branding, serta desain dan penempatan tombol. 

Beberapa mungkin memiliki keahlian dalam antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX). Desainer web tidak perlu tahu cara membuat kode situs web (ini adalah domain pengembang web), tetapi mereka mungkin akrab dengan HTML, CSS, atau JavaScript.

UI Desainer Freelance

Desainer UI bertanggung jawab atas pengalaman visual pengguna akhir menggunakan situs web, aplikasi seluler, dan toko e-niaga untuk hampir semua pasar. Mereka sering bekerja sama dengan desainer UX (pengalaman pengguna). 

Alat yang biasa digunakan oleh desainer UI termasuk wireframes, Affinity Designer, InVision, Sketch, dan produk Adobe seperti XD, Photoshop, dan Illustrator. Mereka juga dapat menggunakan bahasa front-end seperti HTML5, CSS, dan JavaScript.

UX Desainer Freelance

Desainer UX membentuk produk dan layanan yang kami gunakan. Ini dapat mencakup komponen fisik seperti perangkat video game, serta pengalaman Anda menggunakan situs web, aplikasi seluler, antarmuka IoT (internet of things) seperti untuk teknologi medis yang dapat dikenakan, atau toko e-niaga. 

Mereka secara teratur bekerja dengan desainer UI yang mengembangkan tampilan, sementara desainer UX bertanggung jawab atas keseluruhan pengalaman yang dimiliki pengguna dengan produk digital atau fisik. Alat yang biasanya digunakan oleh desainer UX termasuk Sketch, InVision Studio, dan AdobeXD, untuk beberapa nama.

Desainer Grafis Freelance

Desainer grafis membuat konsep visual seperti ilustrasi, logo, dan tata letak, menggunakan program perangkat lunak komputer atau menggambarnya secara manual. Desain mereka digunakan untuk situs web, logo, majalah, kemasan produk, infografis, brosur pemasaran, manual, buku, papan reklame dan tanda, dan banyak lagi. Mereka yang mendesain gambar dan tata letak digital menggunakan perangkat lunak, seperti CorelDRAW Graphics Suite, Affinity Designer, dan Adobe's Creative Suite, yang mencakup Photoshop, InDesign, dan Illustrator.

Desainer Animasi Freelance

Animator menggunakan teknologi komputer untuk membuat gambar dan efek 2D dan 3D untuk permainan video, situs web, aplikasi seluler, televisi, film, iklan, dan bahkan papan reklame digital. Alat yang biasa digunakan oleh desainer animasi termasuk Cinema 4D, Adobe InDesign, Adobe After Effects, 3D Studio Max, Adobe Illustrator dan Photoshop, wireframe UX, dan banyak lagi.

Motion Designer Freelance

Motion designer adalah seniman yang menggerakkan grafik—bekerja dengan film, iklan dan iklan digital, konten situs web, televisi, dan pengembangan game. Mereka biasanya menggunakan perangkat lunak Adobe Photoshop, After Effects, Illustrator, Cinema 4D, Mocha AE, dan Red Giant untuk membuat desain mereka.

Desainer Merek dan Produk Freelance

Desainer produk menggabungkan desain produk dan keterampilan pemasaran, dengan fokus pada fungsi produk dan pengalaman pengguna, untuk membantu produk Anda membuat hubungan yang berdampak dengan audiens target Anda sambil beresonansi dengan merek Anda. 

Menciptakan hubungan antara strategi merek dan desain produk membantu memastikan produk memenuhi harapan dan kebutuhan pengguna akhir sekaligus mencerminkan citra merek. Keterampilan yang dibutuhkan termasuk keakraban dengan UX dan UI, alat manajemen produk, pengkodean front-end, dan alat desain seperti Sketch, Invision, Adobe XD, dan Marvel POP.

Desainer Interior Freelance

Desainer interior menciptakan ruang fisik yang menarik secara visual dan fungsional dengan penggunaan warna, pencahayaan, furnitur, karya seni, dan barang dekoratif lainnya. Mereka mencakup desain interior rumah dan bangunan komersial yang mencakup fasilitas kesehatan, ruang kantor, restoran dan lounge, sekolah, lobi, dan banyak lagi. Alat yang biasanya mereka gunakan termasuk roda warna atau panduan skema warna, Adobe Capture, SketchUp, Autodesk 3ds Max, pita pengukur, dan panduan kode bangunan.

Desainer Industri Freelance

Desainer industri menggabungkan seni, teknik, dan bisnis untuk mengembangkan konsep untuk berbagai perangkat, objek, dan produk yang diproduksi seperti mobil, mainan, kapal, peralatan rumah tangga, peralatan olahraga, perangkat keras komputer, perangkat medis, dan banyak lagi. Alat yang digunakan termasuk Keyshot, SolidWorks, dan Autodesk 3ds Max untuk pemodelan, ide, dan mengkomunikasikan maksud dan estetika desain.

Desainer Seni dan Ilustrasi Freelance

Juga disebut ilustrator, desainer ini menciptakan cara visual untuk menyampaikan atau menggambarkan teks tertulis dengan elemen visual menggunakan media tradisional seperti sketsa pensil dan gambar tinta atau alat digital. Ilustrasi muncul di sampul buku dan di dalam buku, poster, pamflet, materi pendidikan, majalah, iklan, dan infografis. 

Alat yang digunakan termasuk Adobe Illustrator dan Photoshop, Vectornator (untuk ilustrator yang menggunakan produk Apple), ArtRage, tablet grafis terbaik, dan set pensil dan pena gambar, serta perlengkapan seni lainnya.


Posting Komentar untuk "Jenis Pekerjaan Freelance Bidang Desain"