Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Jenis Pekerjaan Freelance Bidang Pemasaran

Jenis pekerjaan freelance bidang pemasaran dapat Anda cari jika Anda bosan dengan pekerjaan pemasaran 9-ke-5. Apakah Anda memiliki apa yang diperlukan untuk menjelajah ke industri sendirian? Maka pemasaran lepas bisa jadi untuk Anda. Tentu saja, ini adalah komitmen yang cukup besar, dan mengambil lompatan keyakinan bisa menjadi hal yang menakutkan. Namun, jika Anda memainkan kartu Anda dengan benar, Anda bisa mendapatkan keuntungan besar dan menjadi bos Anda sendiri.

Pemikiran untuk memulai karir dalam pemasaran freelance mungkin terdengar sangat menguntungkan pada saat ini. Namun, sebelum Anda berkomitmen pada sesuatu yang drastis, selalu bijaksana untuk mendapatkan pandangan menyeluruh tentang keputusan semacam itu.

Jenis Pekerjaan Freelance Bidang Pemasaran

Jenis Pekerjaan Freelance Bidang Pemasaran
Jenis Pekerjaan Freelance Bidang Pemasaran - unsplash.com


Pemasaran Produk

Pemasaran produk mengacu pada proses mengarahkan produk ke pasar, mempromosikan dan menjualnya. Ini menjembatani kesenjangan antara manajemen produk dan komunikasi pemasaran. Baik itu menentukan posisi dan pesan produk, atau meluncurkan produk, pemasaran produk bertujuan untuk memahami pasar, membentuk produk, dan mengomunikasikan produk ke pasar. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa produk tersebut berhasil.

Pemasaran Konten

Pemasaran konten karenanya adalah strategi untuk menarik, melibatkan, dan mempertahankan audiens bisnis Anda melalui pembuatan dan berbagi artikel, video, podcast, dan media lain yang relevan. Ini dilakukan melalui blog, eBook, buletin, video, halaman media sosial, dan banyak saluran pemasaran semacam itu.

Melalui pemasaran konten, pelanggan potensial Anda dipindahkan lebih jauh di sepanjang tahap saluran penjualan. Hal ini dilakukan melalui pembentukan keahlian, promosi kesadaran merek dan memastikan bahwa bisnis Anda berada di puncak pikiran pelanggan Anda ketika saatnya untuk melakukan pembelian.

Perilaku pelanggan untuk perusahaan Anda akan diubah dan ditingkatkan secara positif. Selain itu, melalui pemasaran konten, perusahaan juga menunjukkan kepada pelanggan mereka saat ini dan calon pelanggan bahwa mereka paling menghargai pelanggannya.

Hanya ketika pelanggan Anda merasa bahwa perusahaan Anda tertarik pada kesuksesan dan kesejahteraan mereka, sementara juga menjadi sumber nasihat dan bimbingan yang berharga, mereka akan memilih Anda pada saat pembelian.

Pemasaran Media Sosial

Fakta bahwa media sosial mengacu pada situs web yang memfasilitasi komunikasi konten yang dibuat oleh pengguna adalah pengetahuan umum. Ini adalah komunitas yang dibentuk oleh pengguna yang sering menggunakannya untuk berbagi teks, foto, video, dan konten lainnya yang kemudian disebarkan ke pengguna lain secara real-time. Ini bisa bersifat pribadi (termasuk hanya keluarga, teman, atau anggota terpilih dari pengguna) atau publik (yang terbuka untuk semua).

Pemasaran Media Sosial menyiratkan penggunaan media sosial untuk mendorong bisnis Anda, membangun merek Anda, dan menghasilkan pendapatan. Awalnya, pemasaran media sosial dilakukan untuk menguraikan situs web perusahaan dan mengarahkan lalu lintas ke sana; yang pada gilirannya membantu dalam penjualan sosial produk perusahaan. 

Namun, di zaman sekarang, identitas media sosial hanyalah perpanjangan dari merek itu sendiri. Hari ini, konten yang menyoroti produk dibuat hidup langsung di platform media sosial untuk menghasilkan tanggapan dari pengguna dan audiens.

Konten yang dipublikasikan dapat berupa konten Organik atau Berbayar. Merek yang paling sukses melibatkan kedua teknik dan menggabungkan banyak penelitian dan perencanaan untuk mengoptimalkan proses. Selama beberapa tahun terakhir, pemasaran media sosial telah berkembang secara signifikan. 

Keterlibatan dan membangun kehadiran online yang lebih nyata dan menarik digunakan untuk menjadi fokus strategi. Media sosial digunakan sepanjang pengalaman pelanggan, termasuk akuisisi, rebranding, retensi, dan sebagainya.

Pemasaran Mesin Pencari (Search Engine Marketing)

SEM adalah Pemasaran Mesin Pencari dan mengacu pada strategi pemasaran digital yang meningkatkan visibilitas situs web perusahaan di halaman hasil mesin pencari atau SERP. Ini adalah strategi berbayar untuk meningkatkan keterlihatan.

Halaman hasil mesin pencari (SERP) menampilkan iklan yang dibayar oleh merek untuk muncul sebagai hasil pencarian. Sebelumnya, istilah pemasaran mesin pencari mengacu pada SEO- Search Engine Optimization dan pencarian berbayar. Saat ini, bagaimanapun, ini hanya menjelaskan pemasaran pencarian berbayar.

Hampir setiap halaman hasil pencarian menyertakan iklan pencarian berbayar. Biasanya, iklan ini muncul di bagian atas dan bawah halaman web. Pengguna diberi tahu tentang penempatan berbayar dengan penunjukan 'Iklan'.

Tujuan SEM adalah membuat iklan muncul sebagai hasil pencarian di halaman hasil mesin pencari (SERP). Pengguna melihat iklan dari merek ketika mereka mencari kata kunci tertentu. Sebagai pengiklan, Anda hanya akan membayar ketika pengguna mengklik iklan.

Pemasaran Afiliasi

Pemasaran afiliasi adalah proses di mana tim afiliasi memperoleh komisi untuk memasarkan produk atau bisnis orang lain. Afiliasi mempromosikan produk yang mereka cari dan mendapatkan persentase keuntungan dari setiap penjualan yang mereka lakukan. Penjualan dilacak melalui tautan afiliasi dari satu situs web ke situs web lainnya.

Oleh karena itu, pemasaran afiliasi biasanya adalah penerbit pihak ketiga yang digunakan untuk menghasilkan lalu lintas atau prospek untuk bisnis atau layanan tempat mereka bekerja.

Situs seperti Amazon mempopulerkan praktik program pemasaran afiliasi di mana situs web dan blogger menempatkan tautan ke halaman Amazon untuk produk yang dibahas atau ditinjau untuk mendapatkan biaya iklan saat penjualan dilakukan. Afiliasi pemasaran terutama program pemasaran bayar-untuk-kinerja di mana tindakan penjualan outsourcing di jaringan yang luas.


Posting Komentar untuk "Jenis Pekerjaan Freelance Bidang Pemasaran"