Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Ide Bisnis Modal Kecil untuk Pemula

5 Ide Bisnis Modal Kecil untuk Pemula
Seofreelancerus.com - Berbicara soal bisnis modal kecil tentu yang harus kita garis bawahi adalah usaha yang dikerjakan dalam rumah karena kalau mau sewa/atau membeli gerai maka sudah dipastikan sebelum anda berbisnis sudah ada banyak modal yang harus dikeluarkan atau anda bisa kehabisan modal buat usahanya.

Karena usahanya mau dilakukan di rumah maka harus pintar juga mengetahui kondisi pasar di sekitar tempat tinggal anda, kecuali kalau mau menjangkau pasar yang lebih luas maka wajib belajar marketing lewat online agar bisa memasarkan produknya ke konsumen yang tepat. Untuk itu, kali ini saya akan merekomendasikan sedikitnya ada 5 ide bisnis modal kecil yang bisa dilakukan dan berpeluang menghasilkan keuntungan yang besar.

1. Bisnis Makanan Ringan/Cemilan

Membuka bisnis makanan ringan berpeluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar, karena makanan cemilan sudah menjadi salah satu makanan favorite semua kalangan. Oleh sebab itu cara agar jualan laris manis adalah membuat makanan yang tidak ada habisnya dicari oleh konsumen/permintaan tinggi dan tentunya menjual makanan yang masih minim persaingan dan kompetitor seperti kripik pisang, singkong, makaroni kering dan cemilan lainnya.

Untuk lebih memaksimalkan penjualan akan lebih baik kalau anda belajar dalam pemasaran lewat media online agar jangkauan konsumen anda lebih besar. Untuk modal yang digunakan pun terbilang kecil, Contoh usaha kripik anda cukup membeli 8 - 10 kg singkong akan menghasilkan banyak kripik dan tidak butuh banyak rempah-rempah masakan tambahan lainnya. Makanan ini bisa anda jual di rumah, atau jualannya dititip ke toko orang kemudian nanti bagi hasil, atau menawarkan langsung ke toko-toko terdekat, terakhir bisa buka toko di marketplace online kemudian dijual/dijual ke akun sosial media.

2. Bisnis Dropship

Bisnis ini sudah banyak yang menekuninya karena tanpa stock barang anda sudah bisa jual barang dengan keuntungan yang besar. Modal yang digunakan pun terbilang kecil untuk yang masih pemula. Karena sistem kerjanya seperti ini ; anda tinggal mencari produk yang trend/unik dan tentunya kurang persaingan kemudian share foto produk tersebut di sosial media anda, nanti kalau ada yang mau beli maka disinilah modal anda dikeluarin dulu untuk membeli barang yang mau dibeli. Setelah barangnya sampai maka modal anda akan kembali + keuntungan anda dari tangan pembeli.

Produk/barangnya bisa anda promosikan dulu ke orang terdekat, di kampung atau sekitar tempat tinggal anda agar lebih aman, kecuali kalau si calon pembeli mau bayar lewat online maka bisa anda tawarkan ke lokasi yang jauh dari tempat tinggal anda. Tapi harus tahu juga kalau bisnis ini tidak cocok untuk bisnis jangka panjang yah!

Dan sedikit informasi, terjung di bisnis dropship harus perhatikan juga toko/supplier tempat anda membeli barangnya, jangan sampai anda pesankan barang pembeli anda tetapi kualitas produknya tidak bagus maka 90% calon pembeli anda tidak akan membeli lagi ke anda. Jadi harus diingat yah!

3. Bisnis Reseller

Bisnis ini anda lakukan harus stock barang dulu berbeda dengan dropship yang yang awalnya hanya butuh foto produk tapi tetap butuh modal juga. Lalu apakah butuh modal besar? Tentu tidak, kita sesuaikan aja dulu dengan modal yang kita punya. Kalau awal-awal stock barangnya sedikit aja dulu karena tujuan kita adalah dikenal dulu ke publik, kalau sudah lebih terkenal dan dipercayai maka sekarang sudah saatnya anda membutuhkan suntikan modal dan tambahkan ilmu marketing anda.

Kelebihan yang diambil kalau stock barang adalah rata-rata harga barang sangat murah berbeda dengan sistem dropship dimana anda mendapatkan keuntungan dari harga barang yang sudah ditambahkan harga keuntungan bagi toko tersebut sehingga agak mahal. Pemasarannya bisa anda lakukan secara offline atau secara online juga berpeluang besar untuk laku. Kenapa? Karena biasanya orang beli barang itu dari gambar umumnya doang tetapi kalau stock barang maka tentu foto hasil jepret anda jauh lebih dipercayai kualitas & keberadaan produk anda.

4. Bisnis Jasa Online

Dengan berkembangnya dunia bisnis maka banyak pengusaha/perusahaan yang mau mengambil jalan mudahnya yaitu mencari jasa online baik untuk content writer, editor foto, video, digital marketing, desainer dan lain-lain. Modalnya pun juga terbilang kecil karena hanya membutuhkan skill, laptop/Hp dan kuota internet. Jadi kalau anda minat untuk terjung bagian ini, maka mulai sekarang asah skill mu yah!

5. Bisnis Jasa Jahit Pakaian

Memiliki skill menjahit sangat berpeluang untuk usaha berjangka panjang dan dengan modal kecil. Anda hanya membutuhkan mesin jahit yang harga standar/murah dan benang jahit maka usaha bisnis anda bisa langsung dikerjakan dalam rumah saja.

Mengapa tidak, sekarang banyak sekali permintaan untuk menjahit aksesoris pakaian mulai dari baju seragam anak sekolah, baju batik, dan fashion lainnya. Agar usaha anda lebih dikenal banyak orang maka anda harus ikut aktif dalam bisnis online supaya bisnis anda cepat tersebar luas. 

Pemahasan cukup singkat tetapi memiliki peluang untuk bisa anda kerjakan asalkan ada niat dan ilmu yang memadai maka ke 5 ide tersebut sudah bisa diterapkan orang banyak khusunya bagi pemula, daripada merekomendasikan banyak ide akan tetapi tidak semua orang mampu melakukannya itu terasa kurang baik. Kalau informasi ini bermanfaat jangan lupa dishare yah!

Posting Komentar untuk "5 Ide Bisnis Modal Kecil untuk Pemula"