Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Bekerja Freelance

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Bekerja Freelance
Seofreelancerus.com - Freelance adalah suatu pekerjaan yang tidak terikat kontrak jangkah panjang terhadap suatu perusahaan. Meskipun seorang freelancer diberikan kebebasan dalam bekerja tetapi tetap memiliki batas waktu/deadline untuk menyerahkan pekerjaan kepada klien.

Untuk itu, artikel kali ini akan membahas sesuai dengan judulnya yakni kelebihan dan kekurangan bekerja sebagai freelancer. Apa sajakah itu? Berikut adalah rangkumannya;

KELEBIHAN BEKERJA FREELANCE

1. Prospektif/Lebih Mudah Memulainya
Terjung di dunia freelance memang sangat mudah kita dapatkan karena sudah begitu banyak situs web yang menyediakan jasa freelance. Selain itu, bekerja sebagai freelance bisa dibilang sangat mudah dimulai karena anda tidak butuh modal cukup besar dan tak luput juga skill yang anda punya. Sehingga kalau anda sudah punya skiil/keterampilan maka jangan ragu untuk memulainya.

2. Bekerja Sebagai Hobi
Seorang freelance bisa ditebak apa yang mereka senangi alias hobi mereka, karena rata-rata/pada dasarnya tumbuhnya seorang freelance itu berasal dari hobinya yang selalu dilakukan sehingga membuahi skill atau keterampilan yang luar biasa.

Contohnya seorang yang hobi menulis, menggambar/desain dan fotograpfer, tentu ketika merasa senang melakukan hal tersebut mereka akan berpikir bagaimana memanfaatkan skill ini supaya bisa menghasilkan uang. Sehingga ini menjadi salah satu kelebihan seorang freelance.

3. Bebas Atur Jam Kerja
Kelebihan dari freelance alias kerja lepas adalah anda tidak terikat dengan waktu jam kerja. Itu hak anda mau kerjakan kapan itu tidak akan melanggar, bahkan anda bisa kerjakan tugas dari client dimana saja yang anda rasa nyaman untuk dikerjakan, baik di dalam rumah, di cafe dan tempat lain favoritmu.

Point ke 3 ini memberikan artian bahwa kita bebas mengatur diri sendiri, mau kerja full atau separuh waktu itu hak anda asalkan waktu deadlinenya tepat waktu. Sehingga menjadi freelancing pada akhirnya menunjukkan cara untuk mencapai keseimbangan antara pekerjaan & kehidupan pribadi.

4. Bebas Menentukan Bayaran/Harga Jasa
Freelancing memungkinkan kita untuk bebas menentukan harga/bayaran yang kita inginkan. Tetapi sebagai freelance sejati tentu pinter research terlebih dahulu seputar standar harga pekerjaan anda.

Jangan sampai, patokan bayaran anda melebihi harga   yang sebenarnya maka anda sendiri yang akan mengalami kesulitan mendapatkan klien

5. Bebas Memilih Project Klien
Sebagai Freelance keputusan ada ditangan anda, bahkan anda bisa mengambil semua projectnya atau mau mengambil yang mudah-mudah itu hak anda. Karena sesuatu yang dikerjakan pasti sesuai kapasitas/kemampuan skill yang dimiliki.

KEKURANGAN BEKERJA FREELANCE

1. Kadang Bermasalah Soal Negosiasi
Sebagai freelance artinya anda penyedia layanan atau jasa kepada orang lain. Untuk itu sama halnya ketika menjual barang ke calon konsumen tentu menemukan watak yang berbeda-beda, ada yang langsung deal, ada yang banyak nawar dan membelinya, ada juga yang suka nawar tetapi tidak jadi beli dan terakhir ada juga yang mau modus/menipu.

Begitulah juga sebagai freelance kadang soal harga dipermasalahkan, bahkan ada yang nawarin harga yang tidak masuk akal sehingga adu konsep yang panjang. Efeknya banyak banget bikin kesal dan bahkan tidak jadi.

2. Ketatnya persaingan Freelance
Menjadi seorang freelance memang sangat mudah untuk dimulainya karena modalnya juga tidak besar, karena yang dibutuhkan hanyalah skill dan keterampilan. Tapi etz! Mendapatkan project dari klien itu tidak mudah, karena begitu banyaknya persaingan. Sedangkan Semua klien membutuhkan freelancer yang memiliki kualitas bagus untuk menyelesaikan project mereka.

Sehingga tugas utama anda agar memecahkan saingan yang ketat adalah membangun brand agar lebih terkenal dan tak lupa untuk meningkatkan kualitas diri agar klien tidak kecewa, dan tentu hal ini akan meningkatkan penghasilan anda.

3. Tanggung Jawab yang Besar
Freelance memang memberikan kebebasan untuk mengatur jam kerja alis tidak ada tekanan dari klien. Tetapi ketika memiliku manajemen waktu yang buruk maka project anda juga akan berdampak buruk.

Bahkan ketika anda tidak tepat waktu, klien akan merasa tidak puas sehingga besar kemungkinan klien anda tersebut tidak akan pernah memakai jasa anda. Oleh sebab itu, kunci utama seorang freelance adalah pelayanan yang baik karena client adalah raja. 

4. Penghasilan Tergantung Usaha
Berbeda dengan pekerjaan dibawah tekanan perusahaan mereka akan mendapatkan gaji pokok dan bonus lainnya alias gaji tetap. Sedangkan freelance penuh ketidakpastian, kenapa? Karena ada dua hal yang terlihat jelas.

Pertama, saingan dan strategi yang cukup ketat sehingga tidak ada jaminan mendapatkan pekerjaan setiap bulan. Kedua, Belum tentu anda sukses menyelesaikan project dari klient dan terakhir, skill masih kurang maksimal, sehingga klien enggan bekerja sama dengan anda.

Kesimpulan - Setiap pekerjaan tentu memiliki kelebihan dan kekurangan seperti dengan seorang freelance yang selalu kita dengar kerjanya nyaman sekali padahal kerja itu juga memiliki sisi kekurangan.
Semoga ilmu ini bisa bermanfaat dan membantu memahami pertanyaan anda. Kalau artikel ini bermanfaat jangan ragu untuk share ke teman-temannya. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Kenali Kelebihan dan Kekurangan Bekerja Freelance"