Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengen Jadi Admin Media Sosial? Kenali 2 Hal Penting ini!

Pengen Jadi Admin Media Sosial? Kenali 2 Hal Penting ini!
Seofreelancerus.com - Di jaman yang penuh digital seperti saat ini sudah banyak sekali profesi yang bisa dikerjakan tanpa harus meninggalkan rumah alias kerja online, seperti penulis lepas, desainer, penerjemah, konten kreator, admin media sosial dan pekerjaan lainnya. Namun untuk saat ini kita akan membahas mengenai apakah itu admin media sosial itu?

Buat kamu yang pengen banget jadi admin media sosial baik di platform komunitas, online shop, hingga perusahaan atau brand, harus tahu dulu pengertian serta tugas-tugas seorang admin media sosial.

PENGERTIAN ADMIN MEDIA SOSIAL

Admin media sosial adalah seseorang yang diberi kepercayaan, tanggung jawab dalam mengelola dan mengoperasikan segala hal yang berhubungan platform sosial media, baik sebagai admin perusahaan, Instagram,online shop dan masih banyak lagi. Dan tak luput dari tujuannya adalah untuk kepentingan promosi, penyampaian informasi ke publik serta hubungan anda dengan followers perusahaan tempat anda bekerja.

5 HAL MENUNJANG KESUKSESAN ADMIN MEDIA SOSIAL

1. Kenali terlebih dahulu perusahaannya
Hal yang paling penting sebelum melamar suatu pekerjaan adalah dengan mencari informasi lengkap mengenai perusahaannya, mulai visi misinya, syarat dan ketentuan serta informasi penting lainnya agar kamu merasa nyaman dan tenang bekerja ditempat tersebut.

2. Kenali Dulu Produk/Jasa perusahaan
Tips kedua ini setelah mengetahui tentang perusahaannya adalah pahami/kenali dulu produknya secara detail agar pada saat ada pelanggan yang mau pesan/bertanya-soal soal produk pasaran anda itu tidak akan mengalami kesulitan. Sebab sebagai admin media sosial berarti anda yang berhubungan langsung dengan pelanggan.

3. Fast Response dan Tutur kata yang Baik

Salah satu hal yang terpenting adalah pelayanan yang baik yakni fast response kepada calon konsumen alias admin harus cepat tanggap agar orang akan merasa dihormati dan dilayani. Bayangin kalau anda sebagai konsumen, mau bertanya-tanya soal harga produk tetapi responnya 1 jam kemudian! Menyebalkan bukan?

Selain itu, admin juga memberikan sapaan dengan bahasa yang sopan dan sesuaikan dengan umur pelanggan, artinya kalau menghadapi bapak-bapak yah berbicaralah seperti anda berbicara dengan bapak anda begitupun juga kepada anak-anak, remaja, dan lainnya. Sehingga perlu sekali menguasai penggunaan bahasa yang tepat.

4. Profesional saat Bekerja
Seperti apapun pekerjaan kita tentu harus memisahkan kepentingan pribadi dan urusan pekerjaan. Dampak yang dihasilkan ketika tidak pintar mengelola emosi maka pekerjaan anda akan berantakan dan pekerjaan tidak akan cepat selesai. Oleh sebab itu, admin media sosial harus pintar mengatur waktu dengan baik.

5. Menguasai Aplikasi Desain
Untuk perusahaan besar sebagai admin media sosial tentu butuh banyak bidang admin. Namun untuk level komunitas, online shop biasanya tugas admin merangkap sebagai layanan pelanggan dan sebagai desainer. Sehingga sangat dibutuhkan admin yang memiliki skill edition foto/video sebagai bahan konten.

6. Merancang & Menjadwalkan Konten untuk Tayang
Tugas pokok admin sosial adalah juga merancang setiap konten yang akan diunggah, mulai dari jenis konten, deskripsi, persiapan gambar/video serta editing seperti yang saya jelaskan di poin sebelumnya.

Konten-konten juga harus dipersiapkan jauh sebelum waktunya tayang, bahkan kontennya juga bukan hanya promosi produk doang melainkan konten hari-hari terpenting dan kegiatan giveaway yang sering orang lakukan.

Setelah waktu penayangan tiba, maka tidak langsung unggah begitu saja, akan tetapi admin harus riset dulu tempat mereka unggah konten itu, apakah di instagram, facebook, toko online dan sebagainya. Risetnya itu admin harus tahu jam berapa akun media sosial yang dikelolahnya mendapatkan impresi yang baik.

Sangat berat gak sih kira-kira freelance seperti ini? Inilah alasan kenapa perusahaan, komunitas dan online shop lainnya membutuhkan admin yang jurusan komunikasi serta berpengalaman, karena tanggung jawab dan tugas yang padat. Untuk anda yang mau jadi admin media sosial perlu belajar yah dari berbagai sumber agar semakin banyak ilmu maka akan semakin banyak harapan anda untuk menggapai cita-cita.

Kesimpulan - Itulah 2 hal yang yang penting diketahui sebelum melamar jadi admin media sosial. Yang pertama harus tahu admin media sosial itu apa dan ketahui tugas/tanggung jawab admin. Meskipun masih banyak hal yang yang belum saya sampaikan. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Pengen Jadi Admin Media Sosial? Kenali 2 Hal Penting ini!"