Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apa Perbedaan Pekerjaan Part Time dan Freelance?

Apa Perbedaan Pekerjaan Part Time dan Freelance?
Seofrelancerus.com - Jauh sebelum melegitnya platform internet pekerjaan hanya bisa didapatkan secara offline alias pergi secara langsung ke tempat yang buka lowongan kerja. Tetapi untuk sekarang ini selain secara offline pekerjaan sudah bisa didapatkan berbasis online. Sehingga banyak orang sekarang ini memanfaatkan waktunya untuk mencari lebih banyak peluang baru untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Tak sedikit jenis pekerjaan yang membuat sebagian orang bingung membedakannya sehingga ketika salah memilih akan berdampak buruk untuk diri sendiri. Ada dua jenis pekerjaan yang akan kami bahas yaitu pekerjaan Part Time dan Freelance!

Apa itu Pekerjaan Part Time?

Pekerjaan part time adalah pekerjaan yang tidak terikat kontrak oleh perusahaan, berbeda dengan full time yang karyawannya mendapat tuntutan langsung dari atasan untuk bekerja minimal 8 jam setiap hari. Sedangkan part time/paruh waktu memiliki jam kerja lebih sedikit yakni 3 - 4 jam setiap harinya.

Contoh pekerjaan part time adalah karyawan yang bekerja hanya di akhir pekan seperti penjaga loket, pelayan/kopi barista, dll. Pekerjaan jenis ini cocok untuk pelajar/mahasiswa karena jam kerjanya lebih sedikit sehingga memungkinkan mendapatkan uang tambahan disamping menuntut ilmu.

Kekurangan bekerja sebagai part time tentu gajinya lebih sedikit dan tidak mendapatkan tunjangan/asuransi untuk pekerja, tetapi selain itu tentu juga memiliki kelebihan yakni karyawan tidak dikontrak jangkah panjang sehingga ada kebebasan untuk pindah ke jenis pekerjaan lain.

Pekerjaan Freelance

Berbeda dengan karyawan part time yang sistem kerjanya dilihat dari jumlah jam kerjanya akan tetapi pekerjaan freelance dilihat dari seberapa banyak proyek yang diambil dan diselesaikan dalam batas waktu penyerahan hasil kerjaan kepada klien.

Freelance juga memungkinkan kita mendapatkan banyak pekerjaan mulai dari bidang ilmu teknologi, penerbitan, marketing/bisnis, konten dan desainer.

Kelebihan bekerja sebagai freelance yaitu tidak terikat/bebas atur jam kerja sampai batas waktu dan dikerjakan dimana saja yang dirasa nyaman, baik di rumah, cafe, taman dan tempat lainnya. Seperti part time sebelumnya tentu freelance juga memiliki kekurangan yaitu ketatnya persaingan freelance, kemudian masalah negosiasi dari klien dan penghasilan tergantung usaha/berapa banyak proyek yang diselesaikan.

Kesimpulan - Perbedaan part time dan freelance mungkin sudah jelas yah mulai dari sistem kerjanya dan penghasilan/gaji yang diterima. Pertama, part time bekerja dilihat dari jumlah jam kerjanya sedangkan freelance dilihat dari berapa banyak proyek yang diambil. Kedua, Karyawan part time cenderung digaji lebih sedikit sedangkan freelance tergantung berapa banyak proyek yang diambil. Terakhir, Karyawan part time bekerja ditempat yang ditetapkan oleh atasan apakah itu di restoran, cafe dan lainnya, sedangkan freelance anda bebas mau dikerjakan dimana aja baik di dalam rumah, di taman, dan di tempat lainnya. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Apa Perbedaan Pekerjaan Part Time dan Freelance?"